Kumpulan Doa untuk Orang Kesurupan Lengkap Arab dan Latin

Rabu, 07 Juni 2023 - 19:19 WIB
loading...
Kumpulan Doa untuk Orang Kesurupan Lengkap Arab dan Latin
Doa yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis dapat dibaca untuk mengobati orang yang kesurupan atau terkena gangguan jin. Foto ilustrasi/BBC
A A A
Doa untuk orang yang kesurupan penting diketahui kaum muslim. Doa ini dapat diamalkan ketika ada orang yang terkena gangguan jin dan setan.

Kesurupan merupakan salah satu fenomena yang kerap terjadi di Indonesia. Biasanya, kesurupan membuat orang tidak sadar dan melakukan tindakan yang tidak wajar. Islam sendiri mengajarkan umatnya untuk melakukan ruqyah sebagai perlindung dari gangguan jin dan setan.

Doa Ruqyah untuk kesurupan ini berisi ayat-ayat suci Al-Qur'an dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Berikut beberapa doa untuk orang kesurupan lengkap Arab dan latinnya.

1. Doa Nabi Ayyub
Untuk menyembuhkan orang yang mengalami kesurupan bisa membaca doa Nabi Ayyub berikut:

رَبَّ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ

Rabbi Annii Massaniya as-Syaithoonu binushbin Wa Adzabin.

Artinya: "Sesungguhnya aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan." (QS Shaad ayat 41)

2. Membaca Surat Shad Ayat 97-98
Doa menyembuhkan orang kesurupan berikutnya yakni dengan membaca Surat Shad ayat 97-98. Ayat ini juga pernah dibaca Nabi Muhammad SAW.

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ ٣. وَحِفْظاً مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ

Rabbi A'uudzu bika min Hamazaatis-Syayaathiini wa A'udzu bika Rabbi an Yakhdluruini.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau, ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku." (QS Al-Mu'minuun Ayat 97-98)

3. Membaca Surat Ash-Shaffat Ayat 7
Berikutnya membaca Surat Ash-Shaffat ayat 7 berikut:

وَحِفْظًا مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَارِدٍ

Wa khifzhon min kulli Syaithoonin Maarid.

Artinya: "Dan (telah memeliharanya) sebenar-benarnya dari setiap setan yang sangat durhaka." (QS. Ash-Shaffaat Ayat 7)

4. Ayat Kursi (Surat Al-Baqarah Ayat 255)
Doa untuk orang kesurupan selanjutnya yakni membacakan Ayat Kursi, ayat teragung dalam Al-Qur'an:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَلا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS Al-Baqarah Ayat 255)

5. Surat Al-Fatihah
Menyembuhkan orang yang terkena kesurupan juga bisa dengan membacakan Surah Al-Fatihah. Surat ini disebur sebagai Asy-Syifa (penyembuh).

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS Al Fatihah ayat 1-7)

6. Surat Al-Falaq
Doa berikutnya yakni dengan membacakan Surat Al-Falaq dengan Khusyuk.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

Artinya: "Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki."

7. Surat An-Naas
Surat An-Nas juga bisa digunakan untuk menyembuhkan orang kesurupan. Berikut suratnya:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)