Viral! Ratusan Ikan Mati Mendadak di Danau Sunter Tanjung Priok

Kamis, 08 Juni 2023 - 14:11 WIB
loading...
Viral! Ratusan Ikan Mati Mendadak di Danau Sunter Tanjung Priok
Sejumlah warga tengah menangkap ikan yang mabuk dan mati di Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Ratusan ikan di Danau Sunter Selatan, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, ditemukan mati mendadak. Fenomena ratusan ikan yang mati dan mengapung ini viral di media sosial Instagram @kabarredaksi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, munculnya ikan mati secara mendadak ini berada di setiap sisi Danau Sunter Selatan. Mayoritas ikan yang mati merupakan ikan jenis mujair dan mengapung di setiap sisi danau.



Salah seorang warga yang sedang memancing, Bayu Nurwandoyo (27) mengatakan, kejadian ini terjadi sejak Rabu 29 Juni 2023. Banyak warga yang sedang mancing bingung melihat banyak ikan yang naik ke atas dan mati.

"Kejadiannya sih kemarin, dapat kabar dari teman katanya ikannya lagi pada mabok, dapat mancing disini banyak, kalau yang mati sih tidak terlalu banyak. Yang mabok yang banyak. Ikan yang ngambang ada sekitar ratusan," kata Bayu saat di lokasi, Kamis (8/6/2023).

Menurut Bayu, matinya ratusan ikan mujair ini baru pertama kali terjadi di Danau Sunter. Dirinya menduga, ratusan ikan itu mabok dan mati karena faktor pencemaran limbah.



"Di sini paling itu limbah, enggak ada lagi sekarang orang buang racun. Orang daerah sini suka dipakai mancing," tuturnya.

Di sisi lain, meskipun banyak ikan mati, menjadi keuntungan bagi warga yang mancing. Bayu menambahkan, dari fenomena ini dirinya lebih cepat mendapat puluhan ikan hanya dalam hitungan empat jam.



"Iya banyak, biasanya dapat yang lagi pada mabok. Paling sekiloan lebih, baru dari jam 8 sampai jam 11. Kalau tidak kayak gini, biasanya sampai sore, karena malamnya dagang juga sih. Mancing buat iseng riang," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)