BPS: Rupiah Seharusnya Menguat terhadap Pounds dan Euro

Jum'at, 01 Juli 2016 - 14:29 WIB
BPS: Rupiah Seharusnya Menguat terhadap Pounds dan Euro
BPS: Rupiah Seharusnya Menguat terhadap Pounds dan Euro
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menilai, dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) diperkirakan akan membawa dampak baik bagi Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya Brexit seharusnya rupian bisa menguat terhadap poundsterling dan euro. Secara keseluruhan dampak Brexit akan membuat mata uang di beberapa negara akan fluktuatif.

"Rupiah kita seharusnya bisa menguat, karena poundsterling melemah dianggap daya tawarnya terhadap negara lain mengecil, termasuk Indonesia," kata Sasmito di Gedung BPS, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Pada masa transisi tersebut, baik terhadap poundsterling atau euro akan melemah, tidak hanya di negara namun juga negara berkembang. "Mereka pecah, bisa jadi nanti dua mata uang itu melemah. Karena eropa berkurang kekuatannya, jadi seharusnya rupiah menguat terhadap kedua mata uang," ujar dia.

Pihaknya belum berani mengungkap berapa persen penguatannya terhadap rupiah, karena BPS masih melihat dampak fluktuatif. "Nanti dilihat di transaksi eceran valas karena mencerminkan langsung transaksi di masyarakat kita. Sampai sekarang dampaknya fluktuatif dan mixed," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5990 seconds (0.1#10.140)