Pegadaian Pacu Penyaluran Dana PKBL

Minggu, 10 Juli 2016 - 18:06 WIB
Pegadaian Pacu Penyaluran Dana PKBL
Pegadaian Pacu Penyaluran Dana PKBL
A A A
SEMARANG - PT Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang terus mendorong penyaluran dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL). Hingga saat ini penyaluran dana PKBL di PT Pegadian Kanwil XI Semarang, baru terealisasi sebesar Rp1,648 miliar dari target penyaluran tahun ini yang mencapai Rp6,52 miliar.

Pimpinan Wilayah XI Semarang, Damar Latri Setiawan mengatakan, penyaluran dana PKBL dilakukan untuk membantu perekonomian masyarakat. "Dana PKBL masing-masing terbagi untuk kegiatan program kemitraan dan bina lingkungan. Program kemitraan diberikan dalam bentuk pemberian kredit lunak dan program bina lingkungan dalam bentuk bantuan atau santunan untuk berbagai sektor yang tidak mengharapkan kembali,” katanya.

Dia mengungkapkan, pada program kemitraan, sektor yang didanai mayoritas merupakan sektor perdagangan yang mencapai 60%. Adapun sisanya sektor industri, pertanian, perikanan dan jasa.

Sementara, untuk penyaluran program Bina Lingkungan, sebanyak 60% terserap pada pengembangan sarana umum dan pendidikan. Sisanya pada sektor bencana alam, sarana ibadah, pelestarian alam, dan kegiatan sosial.

“Untuk penyaluran program kemitraan sendiri sudah tercapai Rp933 juta atau sekitar 21,83% dari target penyaluran Rp4,27 miliar. Sedangkan penyaluran dana Bina Lingkungan sampai dengan Mei 2016 tercapai Rp715 juta atau 31,72% dari target tahun ini yang dipatok Rp2,25 miliar,” jelasnya.

Humas Kanwil PT Pegadaian (Persero) XI Semarang, Kusworo menambahkan, seiring program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Pegadaian (Persero) menggelar pasar murah dan santunan pada anak yatim di berbagai kota di Indonesia.

”Sedikitnya, ada 7.100 anak yatim diberi santunan. Adapun penjualan paket sembako sebanyak 51.600 paket secara nasional, senilai Rp150.000 yang bisa ditebus hanya dengan Rp25.000,” tambahnya.

Dia mengatakan, khusus Jateng-DIY, kegiatan digelar di 6 lokasi, yakni Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal dan Pati. Sedikitnya 700 anak yatim mendapatkan santunan dri Pegadaian.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4390 seconds (0.1#10.140)