BRI Modali Nasabah KUR Jenis Ini Dua Kali Lipat

Selasa, 12 Juli 2016 - 21:03 WIB
BRI Modali Nasabah KUR Jenis Ini Dua Kali Lipat
BRI Modali Nasabah KUR Jenis Ini Dua Kali Lipat
A A A
JAKARTA - Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) akan mendapatkan modal pinjaman dua kali lipat tahun depan. Syaratnya mereka harus membuat kegiatan produksi di rumah seperti peternakan dan pertanian.

"Misalnya tadinya pinjaman Rp25 juta atau Rp100 juta bisa dua kali lipat," ujar Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam di Kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Asmawi menjelaskan, diversivikasi usaha tersebut didorong untuk mewujudkan swasembada pangan seperti padi, bawang, daging sapi, dan lainnya. Sebelum itu, pihaknya akan memberikan pemahaman terlebih dahulu ke nasabah.

"Yang pertama berikan pemahaman ke masyarakat untuk punya potensi kembangkan bisnis lebih dari sekarang. Dulu enggak punya modal hanya untuk berdagang, sekarang disamping berdagang juga untuk produksi," katanya.

Sementara, kata dia, pemilihan bidang usaha akan ditentukan sesuai dengan kriteria wilayah dari nasabah. Jika di sekitar persawahan maka akan mendorong potensi pertanian seperti padi.

"Misalnya kalau dia ada di daerah persawahan beda dengan pegunungan, sesuai potensi wilayah. Misalnya di sekitar pantai selain bisa perikanan, disamping dagang ikan bikin saja penangkaran akan kita sesuaikan di satu wilayah kontur tanah seperti apa, kesuburan tanah seperti apa, misalnya di tanah gambut yang cocok untuk itu apa," tutur Asmawi.

Dia mencontohkan, wilayah seperti Kalimantan yang bertekstur tanah gambut cocok untuk beternak kerbau. Sebab kerbau menyenangi daratan yang lembab.

"Kalau ternak kerbau cocok karena suka air. Kalau kambing enggak mau, takut air. Kambing adanya di daerah banyak rumput," tukasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)