Komoditas Buah Lokal Siap Bersaing dengan Impor

Kamis, 14 Juli 2016 - 11:58 WIB
Komoditas Buah Lokal Siap Bersaing dengan Impor
Komoditas Buah Lokal Siap Bersaing dengan Impor
A A A
JAKARTA - PT Paskomnas Indonesia menilai pertumbuhan bisnis kafe dan restoran di Tanah Air belum membawa dampak positif bagi petani sayur dan buah di Indonesia. Pasalnya, hingga kini bahan komoditas impor masih menjadi andalan sebagai bahan dasar menu di kafe, restoran, serta hotel.

Paskomas sebagai grup perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan pasar induk sayur dan buah-buahan, menambahkan kualitas sebagai alasan utama mengapa resto dan kafe mengandalkan bahan pangan impor untuk disajikan kepada konsumen.

Padahal, menurut CEO Paskomas Hartono, kualitas bahan pangan lokal saat ini sudah bisa disejajarkan dengan bahan pangan impor. Selain kualitas, secara harga pun bahan lokal tentunya jauh lebih murah dan mampu menekan food cost mereka.

"Saat ini komoditi sayur dan buah lokal kita secara kualitas sudah bisa dikatakan sama dengan kualitas impor, bahkan beberapa hotel dan restoran bertaraf internasional telah mejadi pelanggan paskomnas. Saya harap agar semakin banyak masyarakat pelaku bisnis kuliner dan juga asosiasi yang menaungi pengusaha pengusaha restoran dapat memberikan dukungannya terhadap petani lokal untuk membeli dan menggunakan bahan baku lokal," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Kehadiran paskomnas yang menghadirkan kebutuhan sayur dan buah secara online lewat paskomas.com dinilai dapat jadi harapan baru bagi para petani lokal, tak hanya hasil penjualan yang dapat dirasakan petani secara langsung. Selain itu, paskomnas juga mempersiapkan petani Indonesia untuk siap menghadapi MEA.

"Di mana persaingan usaha akan semakin ketat, paskomnas berupaya melakukan pelatihan, pendampingan, penguatan jaringan penjualan yang lebih luas bagi para petani agar mampu bersaing dengan pasar internasional," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6044 seconds (0.1#10.140)