Harga Daging Ayam di Daerah Ini Tembus Rp40.000/Kg

Jum'at, 15 Juli 2016 - 00:35 WIB
Harga Daging Ayam di Daerah Ini Tembus Rp40.000/Kg
Harga Daging Ayam di Daerah Ini Tembus Rp40.000/Kg
A A A
PROBOLINGGO - Meski Ramadhan dan Idul Fitri sudah berlalu harga daging ayam di sejumlah daerah masih melambung tinggi. Salah satunya di pasar tradisional Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Harga daging ayam di daerah tersebut tembus Rp40 ribu per kg.

Seperti harga daging ayam di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sebelumnya harga daging ayam berkisar Rp24-25 ribu per kg dan memasuki bulan puasa harganya berkisar Rp30 ribu per kg. Kini, di saat Lebaran Ketupat harganya melambung hingga Rp40 ribu/kg.

Naiknya harga daging ayam ini dikeluhkan penjual dan pembeli. Pasalnya, sejak melonjaknya harga daging ayam ini, omzet penjualan daging ayam menurun."Naik sekitar 40% berdampak pada penjualan saya," ujar Penjual daging ayam, Ninik.

Dia menuturkan, di saat normal harga daging ayam berkisar Rp24–25 ribu/kg. Rata-rata mampu terjual sekitar 50 kilogram per hari. Namun sejak harga daging ayam naik, kini hanya mampu menjual Rp30–35 kilogram. "Hal ini karena biasanya pembeli daging ayam mengurangi belanja," katanya.

Meski mahal, masyarakat terpaksa membeli daging ayam untuk kebutuhan Lebaran Ketupat. "Naik, terpaksa beli untuk Lebaran Ketupat," kata Sriyati, salah seorang pembeli daging ayam.

Terus melonjaknya harga daging ayam di daerah ini diduga karena keterbatasan stok ayam di sejumlah peternak ayam potong.

Masyarakat berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga daging ayam agar tidak ada keresahan di antara pelaku pasar.

Sementara itu harga daging sapi pasca lebaran berangsur mulai stabil. Pada puasa seharga Rp120 ribu/kg turun menjadi Rp100 ribu/kg.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)