15 Negara dengan Jumlah Jutawan Terbanyak di Dunia

Kamis, 21 Juli 2016 - 06:11 WIB
15 Negara dengan Jumlah Jutawan Terbanyak di Dunia
15 Negara dengan Jumlah Jutawan Terbanyak di Dunia
A A A
KUALA LUMPUR - Hanya empat negara yang menguasai atau lebih dari 60% dari dunia yang masuk kategori orang super kaya atau High Net Worth Individuals (HNWI).

Hal tersebut berdasarkan laporan kekayaan dunia yang dipublikasikan oleh perusahaan konsultan Capgemini. Di mana yang termasuk dalam HNWI memiliki aset USD1 juta atau lebih dan tidak termasuk tempat tinggal utama, koleksi, bahan habis pakai dan barang konsumen.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (20/7/2016), berikut 10 negara yang memiliki jumlah jutawan terbanyak di dunia:

1. Amerika Serikat (AS)

Orang super kaya di AS berjumlah 4.458,000 orang. Posisinya sebagai negara adidaya utama dapat ditentang China dalam waktu dekat. AS tetap menjadi pemimpin dari hampir di setiap sektor.

Hampir dua kali lipat dari jutawan dunia tinggal di negara ini dibanding dengan negara lain yang penduduknya lebih banyak, dan itu tidak mungkin berubah dalam waktu dekat.

2. Jepang

Orang super kaya di Jepang 2.720.000 orang. Jepang memiliki pertumbuhan penduduk miliuner terbesar di seluruh daftar. Sebagian alasan, World Wealth Report mengatakan bahwa pemerintah Jepang sangat baik tentang pengaturan peraturan dan kode pajak yang mendorong investasi dalam negeri.

3. Jerman

Orang super kaya di Jerman mencapai 1.199.000 orang. Ekonomi terbesar di zona euro ini juga memiliki jutawan terbanyak di Eropa. Pada 2014, menjadi eksportir terbesar di dunia dengan surplus perdagangan mencapai USD285 miliar.

4. China


Orang super kaya di China dengan 1.034.000 orang. China sebagai negara berpopulasi terbesar di dunia, ditambah dengan perekonomian yang dalam percepatan pertumbuhan yang terus menerus, begitu juga dengan jumlah jutawannya.

Namun, World Wealth Report memperingatkan bahwa dengan perlambatan ekonomi China saat ini juga memungkinkan China terperangkan ke kelas menengah.

5. Inggris

Orang super kaya di Inggris berjumlah 553.000 orang. Berbicara tentang London, Inggris masih memiliki banyak jutawan berkat memiliki salah satu sektor keuangan terbesar di dunia. Berapa banyak yang akan berubah setelah Brexit, menjadi perkiraan banyak orang.

6. Prancis

Orang super kaya di Prancis ada 523.000 orang. Populasi jutawan di Perancis melonjak 6% sejak tahun lalu. Bahkan pajak langsung pada mereka yang berpenghasilan lebih dari 1.300.000 euro tidak membuat jutawan takut dan pergi dari negara tersebut.

7. Swiss

Orang super kaya di Swiss berjumlah 358.000 orang. Swiss adalah tempat favorit untuk bank, jadi tidak mengejutkan negara ini memiliki sejumlah jutawan cukup besar. Tidak seperti beberapa dalam daftar, kekayaan Swiss tidak terkonsentrasi: memiliki salah satu tingkat pendapatan per kapita di dunia.

8. Kanada


Orang super kaya di Kanada mencapai 321.000 orang. Ini mungkin menjadi sebuah negara besar untuk tinggal di negara ini. Namun, Kanada benar-benar kehilangan jutawan selama setahun terakhir, dengan penurunan populasi HNWI 3%.

World Wealth Report menilai bahwa penurunan tersebut dikarenakan pasar ekuitas berkinerja buruk, yang mungkin telah mengakibatkan eksodus kecil dari negara itu.

9. Australia


Orang super kaya di Australia mencapai 234.000 orang. Australia memiliki pertumbuhan besar dalam jumlah jutawan naik 4%. Banyak dari mereka menjadi kaya hasil dari industri pertambangan besar di negara itu, yang mencakup lebih dari 7% dari PDB Australia dan merupakan bagian besar dari pertumbuhan ekonomi.

10. Italia

Orang super kaya di Italia sebanyak 229.000 orang. sektor perbankan mungkin bergejolak oada tahun ini, namun Italia masih menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di zona euro, dan jumlah jutawan tumbuh 4%.

11. Belanda


Orang super kaya di Belanda berjumlah 204.000 orang. Belanda memiliki pertumbuhan HNWI yang sangat kuat hingga 7,5%. Banyak kekayaan ini datang dari Rotterdam, salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan pintu gerbang ke benua Eropa untuk sebagian besar ekspor.

12. India

Orang super kaya di India mencapai 200.000 orang. World Wealth Report menyebut India sebagai mesin pertumbuhan, meskipun jumlah kantor jutawan masih tumbuh jauh lebih lambat dari ekonomi, hal ini dikarenakan banyak pekerja masih hidup dalam kemiskinan.

Orang terkaya adalah Mukesh Ambani dari Reliance Industries, yang tinggal di sebuah menara dengan 27 lantai di atas daerah kumuh Mumbai.

13. Korea Selatan (Korsel)


Orang super kaya di Korsel sebanyak 193.000 orang. Ledakan teknologi Korea Selatan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda sampai saat ini, juga tidak menyurutkan jumlah jutawan. Warga terkaya adalah Chairman Samsung, Lee Kun-Hee, dengan kekayaan hampir USD13 miliar.

14. Spanyol


Orang super kaya di Spanyol mencapai 192.000 orang. Spanyol memiliki pertumbuhan jutawan terbesar di seluruh Eropa 8,4%, yang menunjukkan bahwa meskipun pengangguran tetap menjadi masalah besar ekonomi negara ini, namun akan mendapatkan kembali ke jalur positif.

15. Arab Saudi


Orang super kaya di Arab Saudi berjumlah 167.000 orang. Seperti Kuwait, minyak mendorong kekayaan Arab Saudi luar biasa, meskipun banyak uang hanya di beberapa keluarga kerajaan yang kuat. World Wealth Report jelas optimis tentang harga minyak di masa depan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5187 seconds (0.1#10.140)