Profil Sjachroedin Zainal Pagaralam, Sosok Jenderal Polisi yang Pernah Sukses Jadi Orang Nomor 1 di Lampung

Selasa, 13 Juni 2023 - 17:34 WIB
loading...
Profil Sjachroedin Zainal Pagaralam, Sosok Jenderal Polisi yang Pernah Sukses Jadi Orang Nomor 1 di Lampung
Sosok Sjachroedin Zainal Pagaralam tentu tak asing lagi bagi masyarakat Lampung. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Sjachroedin Zainal Pagaralam tentu tak asing lagi bagi masyarakat Lampung . Pasalnya, ia pernah menjadi orang nomor satu di sana sebagai gubernur terpilih sebanyak dua periode.

Namun sebelum itu, dirinya lebih dulu banyak meniti karier di dunia kepolisian. Pangkat terakhir yang melekat padanya yaitu komisaris jenderal atau jenderal polisi bintang tiga.


Profil Sjachroedin Zainal Pagaralam

Komjen Pol (Purn) Drs. H. Sjachroedin Zainal Pagaralam diketahui lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 7 Februari tahun 1947. Ia merupakan alumni Akademi Kepolisian tahun 1970 dari satuan lantas.

Selain itu, ia juga banyak menempuh pendidikan militer dan kepolisian yang lainnya. Di antaranya seperti PTIK Angkatan XIII, Sespimpol, Sesko ABRI Angkatan VIII, Lemhamas KSA VII, Kursus Lalu Lintas di Jepang dan Kursus Intelijen di Taiwan.

Karier kepolisian jenderal bintang tiga ini tentu sangat cemerlang. Karier menterengya itu dimulai sejak dirinya menjabat sebagai Wakapolwiltabes Bandung Polda Jabar pada tahun 1990.

Baru satu tahun menjabat, ia ditunjuk untuk menduduki 2 jabatan yang berbeda secara berurutan. Dimulai dari Kapoltabes Palembang Polda Sumbagsel tahun 1991 dan Direktur Samapta Polda Metro Jaya pada tahun 1992.



Kemudian pada tahun 1994, ia pernah menjabat sebagai Kapolwil Bogor Polda Jabar. Dua tahun menjabat, Sjachroedin kemudian masuk dalam daftar mutasi menuju jabatan Wakapolda Sumsel tahun 1996 dan dilanjutkan dengan menjadi Ketua Inkoppol/Primkoppol pada tahun 1997.

Pada tahun 1998 hingga 2000, nama Sjachroedin pernah bolak balik masuk dalam daftar mutasi. Dimulai dengan menjadi Inspektur Pembinaan (Irbin) Itjen Polri, Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen hingga menjabat Direktur Samapta Babinkam Polri.

Berbekal pengalamannya itu, jenderal Sjachroedin kemudian mendapat amanat untuk menjadi Kapolda Sumatera Selatan pada tahun 2000. Karena kinerjanya apik, ia pun kembali ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Barat hingga Juni tahun 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)