Pertumbuhan Ekonomi Korsel Diperkirakan Membaik

Senin, 25 Juli 2016 - 11:18 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Korsel Diperkirakan Membaik
Pertumbuhan Ekonomi Korsel Diperkirakan Membaik
A A A
SEOUL - Pertumbuhan ekonomi Korea Selatan (Korsel) pada April-Juni diperkirakan sedikit membaik dibanding kuartal pertama, karena ekspor yang lemah dan investasi terus melemahkan pertumbuhan.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/7/2016), ekonomi diperkirakan akan tumbuh 0,7% pada kuartal kedua. Menurut survei, sedikit mempercepat pertumbuhan di Januari-Maret sebesar 0,5%.

Data pertumbuhan kuartal kedua, jika lemah tidak mengejutkan pasar karena Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol dan Menteri Keuangan Yoo Il-ho telah menyatakan keprihatinan atas melemahnya konsumsi swasta di atas melemahnya perekonomian.

"Setiap pertumbuhan di bawah 1% yang mengganggu. Konsumsi lemah dan pemulihan pada keseluruhan tampaknya melambat," kata Chae Hyun-kee, ekonom di KTB Securities.

Jajak pendapat yang sama diharapkan pertumbuhan di kuartal kedua sebesar 2,9% secara tahunan, menyusul kenaikan 2,8% pada kuartal pertama. Mayoritas, analis yang disurvei mengatakan ekonomi mungkin menemukan beberapa bantuan pada kuartal ketiga, di mana Bank of Korea memangkas suku bunga pada Juni, dan konsensus pasar untuk penurunan suku bunga pada akhir tahun.

"Kuartal ketiga mungkin akan lesu juga. Jika anggaran ekstra disahkan, perlambatan dapat dihindari tetapi akan sulit untuk mengubah arus," kata June Park, ekonom di Daishin Ekonomi Research Institute.

Awal bulan ini, Bank of Korea memangkas proyeksi pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 2,7% dari sebelumnya 2,8 persen.

Departemen Keuangan akan menyerahkan rancangan anggaran tambahan dari 11 triliun won pekan ini ke parlemen. Anggota parlemen lebih cepat meratifikasi anggaran, semakin cepat dorongan ekonomi akan dirasakan.

Anggaran ekstra Korea Selatan akan fokus pada menciptakan 68.000 lapangan kerja baru untuk menebus PHK yang kumayan parah, seperti industri perkapalan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0587 seconds (0.1#10.140)