Terminal 3 Ultimate Dipastikan Beroperasi Penuh di HUT RI ke-71

Senin, 25 Juli 2016 - 14:24 WIB
Terminal 3 Ultimate Dipastikan Beroperasi Penuh di HUT RI ke-71
Terminal 3 Ultimate Dipastikan Beroperasi Penuh di HUT RI ke-71
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan, Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, akan mulai beroperasi penuh pada 17 Agustus 2016, atau bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-71. Lanjut dia sebelum beroperasi penuh, PT Angkasa Pura II (Persero) akan melakukan pengujian terlebih dahulu.

Awalnya pengoperasian akan dilakukan pada 20 Juni 2016, namun karena belum memenuhi persyaratan sehingga diputuskan untuk ditunda. Dia mengatakan, saat ini terminal baru saingan Changi Airport ini tengah dalam proses finalisasi kesiapan pengoperasian.

"Terminal 3 Ultimate dalam proses. Insya Allah nanti waktu hari Kemerdekaan kita sudah operasional di sana. Malah Insya Allah sebelumnya sudah mulai bisa testing-testing," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/7/2016).

(Baca Juga: Penuhi Syarat Kemenhub, AP II Bangun Tower di Terminal 3 Ultimate)

Sementara itu Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menyampaikan, Terminal 3 Ultimate ini memang rencananya akan mulai beroperasi pada pekan kedua Agustus 2016. Rencana ini juga telah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sudah disampaikan oleh Kementerian Perhubungan, akan dibuka minggu kedua daripada terminal khusus," imbuh dia.

Budi menambahkan, permintaan Kemenhub untuk membangun menara apron movement controller (AMC) pun telah dikerjakan. Selain itu, patung burung Garuda pun telah ditanam.

"Sudah buat (menara AMC), sudah 100% selesai, tinggal diverifikasi saja. Sudah mulai dibangun (patung Garuda), sudah 50%. Kita arahkan 17 Agustus patung Garuda sudah selesai," tandasnya.

(Baca Juga: 3 Rute Penerbangan Garuda Sudah Cicipi Terminal T3 Ultimate)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8742 seconds (0.1#10.140)