Bea Cukai Optimistis Penerimaan Semester II Meningkat Tajam

Senin, 25 Juli 2016 - 23:58 WIB
Bea Cukai Optimistis Penerimaan Semester II Meningkat Tajam
Bea Cukai Optimistis Penerimaan Semester II Meningkat Tajam
A A A
JAKARTA - Setiap waktu adalah kesempatan belajar untuk memperbaiki. Menilik ini, Direktorat Jenderal Bea Cukai berikhtiar memperbaiki performa mereka. Pada semester I 2016, Ditjen Bea Cukai mencatat penerimaan sebesar Rp61,3 trliun, turun (short) Rp16 triliun dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp77,6 triliun.

Penurunan ini memang telah diperkirakan sebelumnya, terutama akibat turunnya penerimaan cukai hasil tembakau (HT) sebesar 29,01% year on year (yoy).

"Perubahan pola pembayaran cukai berdasarkan PMK 20 tahun 2015, sehingga penerimaan cukai semester I hanya signifikan di empat bulan terakhir" ujar Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Ditjen Bea Cukai, Robert Leonard Marbun di kantor pusat Ditjen Bea Cukai, Jalan Jend. Ahmad Yani, Jakarta, pada Senin (25/7/2016).

Menurut Robert, adanya aktifitas pemesanan pita cukai yang dipercepat (forestalling) oleh para pengusaha BKC/barang kena cukai di tahun 2015 menyesuaikan keputusan kenaikan tarif cukai HT yang berlaku per 1 Januari 2016.

Namun menurut Robert, pada semester II 2016, ia optimistis penerimaan Ditjen Bea Cukai akan meningkat tajam. Dalil dia, hal ini merujuk kepada empat hal. Pertama, pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan lebih tinggi yakni 5,2%-5,3% dibanding realisasi pertumbuhan ekonomi semester I sebesar 4,9%.

Kedua, proyeksi pertumbuhan komponen investasi dan ekspor-impor yang lebih baik di semester II diharapkan dapat mendorong laju impor bahan baku dan barang modal yang menjadi mesin pendorong penerimaan bea masuk (BM).

Tiga, kebijakan pengendalian harga atas komoditas tertentu yang masih akan dilakukan pemerintah akan mendorong pertumbuhan positif BM dari impor kelompok barang konsumsi.

Terakhir, dampak kenaikan tarif 2016 yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya diperkirakan akan seluruhnya direalisasikan oleh para pengusaha hasil tembakau di sepanjang semester II.

Robert menambahkan, guna mengamankan penerimaan semester II/2016, Ditjen Bea Cukai akan melakukan upaya, antara lain secara terarah dan berkelanjutan melakukan edukasi dan pembinaan kepada para pengguna jasa kepabeanan dan cukai guna meningkatkan kepatuhan pemenuhan kewajiban kepabeanan dan cukai serta melakukan kampanye anti rokok ilegal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5849 seconds (0.1#10.140)