Didukung PTBA, Songket dan Batik Khas Tanjung Enim Meriahkan Halal Bihalal Antera

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:00 WIB
loading...
Didukung PTBA, Songket dan Batik Khas Tanjung Enim Meriahkan Halal Bihalal Antera
Fashion Show Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur khas Tanjung Enim memeriahkan acara Halal Bihalal Anak Tanjung Enim Dirantau. (Foto: dok PT Bukit Asam)
A A A
JAKARTA - Fashion Show Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur khas Tanjung Enim memeriahkan acara Halal Bihalal Anak Tanjung Enim Dirantau (Antera) yang berlangsung pada Minggu (11/6/2023) di Jakarta.

Koleksi Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur dalam fashion show tersebut merupakan rancangan Eva Yasul, desainer asal Tanjung Enim. Dua model asal Kabupaten Muara Enim mengenakannya, yaitu Miss Grand Internasional 2022 Andina Julie dan Runner Up Putri Indonesia 2013 Marisa Sartika Maladewi.

Kain Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur yang digunakan adalah hasil produksi dari Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

"Di bawah binaan CSR PTBA, Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur terus berkembang, motifnya semakin bervariasi dan kualitasnya semakin baik. Saya berharap Songket Behembang Lingge dan Batik Kujur akan bisa bersaing dengan kain tradisional lain yang ada di Indonesia,ujar Eva Yasul.

Eva juga mengatakan, saya sebagai putri daerah asli Tanjung Enim akan selalu memperkenalkan dan mempromosikan kain tradisional Binaan CSR PTBA lewat desain-desain saya agar lebih dikenal di dalam negeri maupun di mancanegara.

Didukung PTBA, Songket dan Batik Khas Tanjung Enim Meriahkan Halal Bihalal Antera

AVP Community Engagement & Partnership PTBA, Listati, menjelaskan bahwa hingga akhir 2022 terdapat anggota 35 pengrajin SIBA Batik Kujur dan 18 pengrajin SIBA Songket. Para pengrajin yang diberdayakan dalam kelompok SIBA Batik Kujur dan SIBA Songket ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tanjung Enim dan Desa Lingga.

"Tampilnya Batik Kujur Songket Behembang Lingge dalam Halal Bihalal Antera ini merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan hasil karya pengrajin Kabupaten Muara Enim, khususnya Kecamatan Lawang Kidul, lebih khusus lagi Dusun Tanjung dan Desa Lingga," ujar Listati.

Halal Bihalal Antera dihadiri oleh Keluarga Besar Antera, warga Serasan Sekundang se-Jabodetabek, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, Direksi PTBA, Anggota DPR/DPD RI daerah pemilihan Provinsi Sumatera Selatan, DPRD Sumatera Selatan, DPRD Muara Enim, Muspika Kecamatan Lawang Kidul-Tanjung Enim.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)