Sri Mulyani Minta Masyarakat Manfaatkan Teknologi untuk Bisnis

Selasa, 26 Juli 2016 - 14:10 WIB
Sri Mulyani Minta Masyarakat Manfaatkan Teknologi untuk Bisnis
Sri Mulyani Minta Masyarakat Manfaatkan Teknologi untuk Bisnis
A A A
JAKARTA - Managing Director and Chief Operating Officer Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati meminta masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan perkembangan dunia teknologi karena dapat menciptakan ekonomi digital.

Para wirausahawan muda saat ini justru adu kreatif memanfaatkan teknologi untuk berbisnis. Dia menilai generasi muda harus memanfaatkan peluang ini tidak hanya menjadi penerima teknologi dan informasi namun juga produktif sebagai pencipta.

Pasalnya, ada lebih dari 50 juta pengguna Twitter di Indonesia dan Jakarta disebut sebagai pengguna Twitter teraktif di dunia.

"Saya melihat perkembangan positif akhir-akhir ini dalam inovasi aplikasi teknologi yang menciptakan bisnis seperti ojek online yang memberikan inspirasi peluang bisnis terutama generasi muda. Indonesia mampu memanfaatkan teknologi untuk aktivitas kreatif dan produktif. Jangan lupa, generasi muda saat ini adalah generasi hidup di masa demokratisasi pengetahuan," kata dia dalam Kuliah Umum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI), Selasa (26/7/2016).

Sri Mulyani menambahkan, bisnis online berbasis aplikasi saat ini menjadi contoh bagaimana teknologi menciptakan kepercayaan (trust) dalam setiap transaksi. Dia mendorong anak muda semangat membangun start up yang terkoneksi dengan teknologi.

"Contoh bagaimana aplikasi teknologi saya mau ayam bakar di Panglima Polim tinggal pesan enggak perlu kesana. Banyak sekali wirausahawa muda biayai start up mereka," tuturnya.

Dia juga bercerita pada saat mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI. Segala hal saat ini dapat diperoleh dengan cepat menggunakan kemudahan teknologi.

"Saya tahu di kampus UI akses terhadap internet luar biasa mudah. Sejak 10 tahun lalu semua mahasiswa di depan ruang kelas sudah di depan komputer ngecek dan browsing. Karena apa yang menarik begitu mudah dan instan dengan smartphone. Setiap menit bisa up date," jelas Sri Mulyani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)