10 Orang Terkaya di Malaysia Tahun 2023, Paling Tajir Punya Harta Rp175,1 T

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:44 WIB
loading...
10 Orang Terkaya di Malaysia Tahun 2023, Paling Tajir Punya Harta Rp175,1 T
Secara total keseluruhan, harta 50 orang terkaya Malaysia naik tipis menjadi USD81,6 miliar atau setara Rp1.210 triliun (Kurs Rp14.840/USD). Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Terlepas dari kebangkitan ekonomi Negeri Jiran pascapandemi dan penurunan pasar saham serta mata uang ringgit, hal itu tidak berdampak terhadap kekayaan kolektif 50 orang terkaya di Malaysia. Secara total keseluruhan, harta 50 orang terkaya Malaysia naik tipis menjadi USD81,6 miliar atau setara Rp1.210 triliun (Kurs Rp14.840/USD).

Pada posisi puncak yang tidak berubah sejak 2022, Robert Kuok masih menyandang gelar orang paling kaya Malaysia yang dipegangnya selama lebih dari seperempat abad.

Kuok juga menjadi pemenang terbesar dalam dolar tahun ini, dimana dirinya menjadi salah satu dari dua orang dalam daftar orang terkaya Malaysia yang punya harga dua digit yakni USD11,8 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp175,1 triliun. Satu lagi diisi oleh Quek Leng Chan, Eksekutif Chairman cabang Malaysia dari Hong Leong Group yang dimiliki secara pribadi, yang berada di No. 2 meskipun kekayaan bersihnya hanya naik sedikit menjadi USD10,2 miliar.



Secara keseluruhan, 19 orang miliarder melihat kekayaan miliknya naik dan sementara hampir setengahnya turun. Selanjutnya ada raja logam, Koon Poh Keong dan saudara-saudaranya.

Kekayaan mereka tercatat mencapai USD5,8 miliar atau menyusut hampir 7% dari tahun lalu seiring dengan jatuhnya saham Press Metal Aluminium Holdings, produsen aluminium terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, di tengah biaya bahan baku dan pengiriman yang lebih tinggi.

Di antara deretan miliarder yang mencetak cuan besar ada duo ayah dan anak, Yaw Teck Seng serta Chee Ming yang mengendalikan perusahaan raksasa kayu Samling. Posisi mereka melompat ke nomor 16 dari peringkat ke-32 pada tahun lalu.

Penyebabnya karena kekayaan mereka meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD1,25 miliar berdasarkan informasi terbaru tentang aset pribadi mereka. Mantan guru matematika Chia Song Kun, eksekutif chairman perusahaan makanan laut keluarganya QL Resources, kembali ke jajaran setelah jeda tujuh tahun usai saham perusahaan melonjak hampir 20%.

Selanjutnya ada dua taipan yang didukung ekuitas swasta mendapat dorongan dari kesepakatan penting. Syed Azman Syed Ibrahim, dimana Weststar Aviation yang mengoperasikan armada helikopter terbesar kedua di Asia-Pasifik, membeli kembali 21% saham perusahaan investasi KKR dan sekarang bernilai USD825 juta atau naik 27% dari tahun lalu.

Kekayaan pendiri penyedia layanan pemakaman Nirvana Asia, David Kong juga naik di tengah usulan penjualan saham oleh perusahaan PE CVC Capital Partners dengan perkiraan penilaian USD2 miliar.

Lima wajah baru tahun ini termasuk raja properti Chiau Beng Teik, pendiri Chin Hin Group dan Yu Kuan Chon, seorang dokter medis, yang menjalankan Properti YNH keluarganya. Lalu Ong Soon Ho, pendiri kelompok agrokimia Hextar dan Goh Nan Kioh, yang memiliki perusahaan investasi Mega First dan memiliki saham di D&O Green Techno-logies, yang membuat LED untuk sektor otomotif.

Sementara kekayaan bankir veteran Teh Hong Piow, pendiri Public Bank, yang meninggal pada bulan Desember pada usia 92, sekarang terdaftar di bawah anak-anaknya.

Daftar 10 orang terkaya Malaysia tahun 2023:

1. Robert Kuok - USD11,8 miliar
2. Quek Leng Chan - USD10,1 miliar
3. Ananda Krishnan - USD5,2 miliar
4. Koon Poh Keong - USD4 miliar
5. Chen Lip Keong - USD2,8 miliar
6. Lee Yeow Chor - USD2,8 miliar
7. Lim Kok Thay - USD2,3 miliar
8. Kie Chie Wong - USD1,8 miliar
9. Lau Cho Kun - USD1,7 miliar
10. Syed Mokhtar AlBukhary - USD1,6 miliar
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)