Sri Mulyani, Sosok yang Dipercaya Pasar Keuangan

Rabu, 27 Juli 2016 - 14:19 WIB
Sri Mulyani, Sosok yang Dipercaya Pasar Keuangan
Sri Mulyani, Sosok yang Dipercaya Pasar Keuangan
A A A
JAKARTA - Penunjukkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru mendapatkan respons dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Menurut Indef, mantan Direktur dan Chief Operating Officer Bank Dunia itu merupakan sosok yang dipercaya pasar keuangan dan hampir tidak ada keraguan terhadap kontribusinya di bidang ekonomi.

"Kapabilitas Bu Sri Mulyani hampir semua tidak ada yang meragukan. Bahkan kepercayaan pasar sangat tinggi kepada Bu Sri Mulyani," ujar Direktur Indef Enny Sri Hartati di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

(Baca Juga: Ditunjuk Jadi Menkeu, Ini Komentar Pertama Sri Mulyani)

Dia menambahkan kepercayaan pasar keuangan ini bisa jadi landasan kuat dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Terutama dalam melakukan konsolidasi fiskal yang selama ini amburadul. "Ini modal dasar dalam kabinet ini. Menumbuhkan kepercayaan pasar lagi dan konsolidasikan fiskal kita yang carut-marut dua tahun," katanya.

(Baca Juga: Sri Mulyani Jabat Menkeu Akan Bikin Ekonomi RI Liberal)

Menurutnya, problem struktural yakni kondisi fiskal ekonomi dan kelembagaan jadi dua masalah utama Kabinet Kerja. Jika Sri Mulyani tidak dapat mengatasi maka kepercayaan pasar yang diberikan kepadanya akan jadi sia-sia.

"Problem struktural dan kelembagaan dua masalah utama, meski dapat kepercayaan pasar. Tapi kalau tak mampu dorong sektor riil dan memperbaiki transformasi kelembagaan maka dampak ke ekonomi akan minimal," tutur Enny.

Lanjut dia menerangkan keahlian Sri Mulyani dalam konsilidasi fiskal tidak perlu diragukan lagi. Namun, tetap disayangkan ketika kementerian teknis lain belum bisa ikut memperbaiki masalah tersebut.

"Kepercayaan pasar ini cukup bagus kita jaga, konsolidasi fiskal sudah tepat. Sekarang bagaimana PR menteri teknis memperbaiki problem kelembagaan seperti Kementerian UMKM, BUMN, Perindustrian, Ketenagakerjaan untuk lakukan perubahan kelembagaan, perbaikan dengan hadirnya sosok Bu Sri Mulyani," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)