PGN Perluas Distribusi Gas Bumi ke Blora

Sabtu, 30 Juli 2016 - 01:01 WIB
PGN Perluas Distribusi Gas Bumi ke Blora
PGN Perluas Distribusi Gas Bumi ke Blora
A A A
SEMARANG - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memperluas infrastruktur jaringan gas bumi rumah tangganya ke wilayah timur Jawa Tengah. Kali ini yang dibidik adalah Kabupaten Blora.

Area Head PGN Semarang, Edy Sukamto mengatakan, setelah merampungkan proyek pipa gas di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, kali ini PGN sedang membangun jaringan pipa gas ke 4.000 rumah tangga di Kabupaten Blora, Jateng, sepanjang 24 km.

“Proyek ini merupakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebagai satu-satunya BUMN gas di Indonesia, PGN terus berkomitmen untuk memperluas pemanfaatan gas bumi yang hemat dan ramah lingkungan di berbagai daerah,” katanya, Jumat (29/7/2016).

Edy menambahkan, secara bertahap PGN akan menyelesaikan 4.000 sambungan rumah tangga di tujuh kelurahan di Kabupaten Blora. Adapun untuk saat ini Kelurahan Sumber menjadi wilayah pertama yang akan menikmati manfaat gas bumi, yang notabene merupakan wilayah terdekat diproduksinya gas bumi tersebut.

“Saat ini PGN Area Semarang sudah melayani delapan pelanggan industri di Kawasan Tambak Aji dan melayani 150 pelanggan rumah tangga dengan konsumsi gas sekitar 150 ribu meter kubik per bulan,” tandasnya.

Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo menjelaskan, saat ini 700 sambungan gas rumah tangga di Blora sudah siap menggunakan gas bumi untuk keperluan memasak sehari-hari, dari 4.000 rumah yang ditargetkan menikmati gas bumi dari PGN.

"Kalau secara nasional, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik," ungkapnya.

Kata Dilo, mulai 2016-2019, PGN menargetkan dapat menambah panjang pipa gas bumi mencapai 1.680 km. Saat ini pihaknya telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah ini setara 76% pipa gas bumi seluruh Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)