Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 dari Kepala Bappenas RI

Kamis, 15 Juni 2023 - 13:16 WIB
loading...
Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 dari Kepala Bappenas RI
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi menerima piala penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2023 sebagai provinsi terbaik kedua nasional.
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi menerima piala penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2023 sebagai provinsi terbaik kedua nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kantor Bappenas Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta pada Rabu (14/6/2023). Kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemprov Sumsel Edward Chandra.

Provinsi Sumsel meraih Predikat Provinsi Terbaik Kedua Nasional dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 terhadap Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Penghargaan tersebut sebelumnya sudah diumumkan dalam rangkaian Penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (16/5/2023).

Terpilihnya Sumsel sebagai terbaik kedua dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 membuktikan bahwa kinerja pembangunan di Bumi Sriwijaya merupakan yang terbaik di luar pulau Jawa.
Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 dari Kepala Bappenas RI

Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Kepala Bappeda Sumsel, Regina Ariyanti menegaskan, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan evaluasi kreatif yang senantiasa mengikuti kondisi aktual, dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional guna memotivasi dan mengapresiasi pemerintah daerah atas pencapaiannya dalam pelaksanaan pembangunan dan penyusunan perencanaan yang berkualitas, konsisten, komprehensif, dan terukur, serta dapat dilaksanakan.

“Proses Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 dilakukan melalui tiga tahapan utama. Tahap Pertama melalui Desk Review yaitu penilaian Kualitas Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, penilaian kualitas pencapaian pembangunan hingga tahun 2022 dan penilaian kualitas Dokumen Inovasi Daerah Provinsi," katanya, Rabu (17/5/2023).
Pemprov Sumsel Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 dari Kepala Bappenas RI

Penilaian Tahap Dua melalui presentasi dan wawancara terkait bagaimana strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan pencapaian target pembangunan juga presentasi dan wawancara terkait program inovasi unggulan Provinsi dan dalam hal ini Provinsi Sumatera Selatan mempresentasikan Inovasi yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

“Penilaian Tahap Tiga adalah verifikasi langsung ke lapangan terkait pembuktian proses perencanaan pembangunan dan pembuktian hasil atau dampak dari Inovasi Unggulan Daerah,” imbuhnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya Penghargaan Pembangunan Daerah adalah untuk menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan serta mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Hasil Penilaian PPD nantinya dapat digunakan sebagai refleksi pembangunan daerah terkait kekuatan yang dimiliki dan hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Keberhasilan Pemprov Sumsel ini juga menjadi bukti keseriusakan Gubenur H Herman Deru dan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya dalam mewujudkan tercapainya visi dan misi Sumsel Maju untuk Semua.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)