Menaker Minta Perusahaan Bantu Program Magang

Sabtu, 30 Juli 2016 - 21:03 WIB
Menaker Minta Perusahaan Bantu Program Magang
Menaker Minta Perusahaan Bantu Program Magang
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengajak perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam kawasan industri di seluruh Indonesia bersama-sama berpartisipasi dalam Program Pemagangan Nasional yang diselenggarakan pemerintah. Metode pemagangan ini telah digunakan di berbagai negara untuk percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja.

Hanif menjelaskan, program ini diluncurkan agar kualitas tenaga kerja Indonesia lebih baik. Apalagi jika sudah mendapat pelatihan magang.

"Oleh karena itu, kita ajak para pengusaha agar mendukung program pemagangan di dalam dan luar negeri,” ujar Hanif, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/7/2016).

Pada 2016, lanjut dia, pihaknya menargetkan 200.000 pekerja bisa direkrut untuk magang di perusahaan-perusahaan di bawah naungan Kamar Dagang (Kadin) seluruh Indonesia. "Setiap tahunnya Kemenaker minta dukungan dan kerja sama dari 2.000 perusahaan untuk bisa menampung 200.000 tenaga kerja," imbuhnya.

Dia berharap 200.000 tenaga kerja tersebut bisa memiliki persiapan dalam memasuki dunia kerja. Mereka mendapat keterampilan melalui program ini. "Sehingga mengikuti skema pemagangan nasional secara sistematis yang mencakup pelatihan kerja, pemagangan, dan sertifikasi," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)