Korsel Angkat Puing Roket Luar Angkasa Korut dari Dasar Laut

Jum'at, 16 Juni 2023 - 14:20 WIB
loading...
Korsel Angkat Puing Roket Luar Angkasa Korut dari Dasar Laut
Korsel Angkat Puing Roket Luar Angkasa Korut dari Dasar Laut. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) menyatakan pada Jumat (16/6/2023), bahwa mereka telah berhasil mengambil sebagian besar puing roket luar angkasa Korea Utara (Korut) yang jatuh dari dasar laut. Puing itu berhasil diangkat setelah 15 hari operasi penyelamatan yang rumit.

Korut berusaha menempatkan satelit mata-mata militer pertamanya ke orbit pada 31 Mei, tetapi proyektil dan muatannya jatuh ke laut tak lama setelah diluncurkan karena apa yang disebut Pyongyang sebagai kegagalan roket.



Setelah mengerahkan armada kapal penyelamat Angkatan Laut dan kapal penyapu ranjau, ditambah lusinan penyelam laut dalam, militer Seoul mengatakan telah berhasil menyelamatkan bagian utama roket pada Kamis malam dari Laut Kuning.

"Benda yang diselamatkan dijadwalkan untuk dianalisis secara rinci oleh lembaga khusus seperti badan nasional untuk pengembangan pertahanan," kata Kepala Staf Gabungan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Puing-puing itu ditarik dari dasar laut pada kedalaman sekitar 75 meter di perairan sekitar 200 kilometer barat daya Pulau Eocheong,” tambahnya.

Korsel mulai mengambil puing-puing tak lama setelah peluncuran, dan telah menemukan bagian-bagian yang lebih kecil. Tetapi operasi tersebut menghadapi kesulitan sebagian karena gelombang yang kuat dan jarak pandang yang buruk, mendorong militer untuk mengirimkan 10 kapal dan puluhan penyelam laut dalam.



Gambar yang dirilis oleh kementerian pertahanan Seoul menunjukkan struktur logam putih panjang seperti tong dengan kata "Chonma" tertulis di atasnya - mungkin bentuk pendek dari nama resmi roket, Chollima-1.

Roket itu dinamai dari mitos kuda bersayap yang sering ditampilkan dalam propaganda Pyongyang. Lee Choon-geun, seorang peneliti kehormatan di Institut Kebijakan Sains dan Teknologi Korea Selatan, mengatakan objek yang baru diambil itu tampaknya adalah tangki bahan bakar.

“Jika militer menemukan mesin yang terpasang pada tank, itu dapat membantu menemukan beberapa fitur mesin roket baru Korut, yang dirancang untuk menghasilkan daya dorong yang lebih besar pada ketinggian yang lebih tinggi,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)