BPS Berharap Konsumsi Pemerintah Berlanjut di Kuartal III

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 22:58 WIB
BPS Berharap Konsumsi Pemerintah Berlanjut di Kuartal III
BPS Berharap Konsumsi Pemerintah Berlanjut di Kuartal III
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, pihaknya berharap di kuartal III 2016 ini, dari sisi pengeluaran, konsumsi pemerintah bisa terus dimaksimalkan. Karena dari sisi pencairannya tidak terlalu buruk.

Sekitar 40% dari konsumsi pemerintah sudah terserap. Terlebih lagi untuk anggaran yang digelontorkan ke daerah, juga terserap dengan baik. (Baca: BPS: Pangkas Anggaran K/L Tak Pengaruh ke Pertumbuhan Ekonomi)

"Di kuartal III, kami berharap konsumsi pemerintah bisa lebih membaik. Karena pencairannya juga enggak buruk-buruk banget. 40 persen sudah terserap termasuk ke daerah," kata dia di Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Dengan begitu, diperkirakan penyerapan di kuartal III tahun ini lebih tinggi dari kuartal II 2016. Namun untuk sektor perdagangan, terutama ekspor impor, BPS belum berharap banyak.

"Kalau konsumsi rumah tangga untuk gejolak harga pangan bisa ditahan, inflasi bisa tertangani," sambung dia. (Baca: BPS: Masih Ada Potensi Penguatan Ekonomi hingga Akhir Tahun)

Namun demikian, untuk mencapai angka pertumbuhan akhir tahun mencapai 5,3%, menurut Suhariyanto, kemungkinannya agak berat. Karena pertimbangannya melibatkan kondisi ekonomi negara lain, terutama yang menjadi negara mitra dagang Indonesia.

"Mungkin agak berat ya makanya saya bilang jangan lihat 5,18%, lihat semesternya yang 5,04%. Saya enggak tahu kalau kita diskusi dengan ekonom agak sulit opininya. Karena mempertimbangkan ekonomi seluruh negara lain yang juga melemah," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)