Mentan-Mendag Janji Utamakan Hasil Ternak dan Pertanian Lokal

Senin, 08 Agustus 2016 - 12:24 WIB
Mentan-Mendag Janji Utamakan Hasil Ternak dan Pertanian Lokal
Mentan-Mendag Janji Utamakan Hasil Ternak dan Pertanian Lokal
A A A
JAKARTA - Dalam rapat koordinasi hari ini yang digelar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan bahwa seluruh hasil pertanian dan peternakan lokal akan menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Hal ini untuk menjaga kelangsungan ketersediaan pangan bisa terpenuhi dengan baik.

Mendag mengatakan, tujuan ini juga diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk petani dan peternak yang berhubungan langsung dengan pangan di Indonesia itu terjaga.

"Kami berdua sepakat bahwa seluruh produksi, hasil yang dihasilkan petani dan petrnak berapapun jumlahnya, itu akan diserap," kata dia di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Enggar mengatakan, yang akan melakukan intervensi pasar, mengambil dan membeli untuk beberapa komoditi utama, pihaknya dan Kementan akan menugaskan ke Bulog. Dia menegaskan bahwa Bulog tak boleh ada alasan tidak ada uang.

"Itu karena berapapun yang dibutuhkan kita siapkan dananya dari cashflow/arus uang itu, akan mencukupi dan tidak terlalu banyak," tegas Enggar.

Maka, lanjut dia, ada jaminan seluruh produksi petani akan terserap. Seharusnya tidak ada kekhawatirkan akan ketersediaan stok, karena para petani dan peternak akan terjamin.

"Sementara itu, pada masa panen berikutnya, petani akan dengan semangat menanam padi dan produksi kita akan meningkat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6876 seconds (0.1#10.140)