Taliban Tetapkan Hari Penarikan Pasukan AS Jadi Libur Nasional

Minggu, 18 Juni 2023 - 11:40 WIB
loading...
Taliban Tetapkan Hari Penarikan Pasukan AS Jadi Libur Nasional
Taliban tetapkan hari penarikan tentara AS dari Afghanistan jadi libur nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Afghanistan menjadikan hari terakhir tentara Amerika Serikat (AS) meninggalkan negara itu sebagai hari libur umum tahunan.

Menurut situs web pemerintah Taliban, keberangkatan terakhir pasukan asing akan dirayakan setiap tahun pada tanggal 31 Agustus seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (18/6/2023).

Perayaan pertama kali diselenggarakan tahun lalu, ketika pihak berwenang dan pendukung Taliban menandai peringatan pertama penarikan pasukan asing. Pejuang Taliban mengadakan rapat umum di Massoud Square di Kabul di luar bekas gedung kedutaan AS.

Tentara Amerika terakhir, Mayor Jenderal Angkatan Darat AS Chris Donahue, naik pesawat angkut militer tak lama sebelum batas waktu penarikan berakhir pada 31 Agustus 2021, mengakhiri kampanye panjang yang melelahkan selama dua dekade.



AS dan sekutunya mengirim pasukan ke Afghanistan pada tahun 2001 untuk melawan al-Qaeda dan kelompok jihad lainnya sebagai bagian dari 'Perang Melawan Teror' global Washington yang diproklamasikan setelah serangan teroris 9/11.

Pasukan Barat dengan cepat merebut Kabul, tetapi Taliban tetap aktif di sebagian besar wilayah negara itu, dan perang dengan pemberontak berlangsung selama bertahun-tahun, sementara kampanye menjadi semakin tidak populer di AS.

Taliban akhirnya merebut kembali beberapa ibu kota provinsi dan merebut Kabul dengan sedikit atau tanpa perlawanan pada Agustus 2021. Kejatuhan kota yang tak terduga memaksa Pentagon dengan panik mengatur evakuasi para diplomat, warga negara Amerika, dan pembantu Afghanistan mereka.

Washington dikritik karena penanganan evakuasi, dan karena itu, meskipun diterbangkan dari Kabul, ribuan warga Afghanistan yang menjadi sekutu AS tertinggal.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)