Aquamation, Proses Kremasi Tanpa Api Mulai Dikenalkan di Amerika dan Skotlandia

Minggu, 18 Juni 2023 - 12:24 WIB
loading...
Aquamation, Proses Kremasi Tanpa Api Mulai Dikenalkan di Amerika dan Skotlandia
Proses aquamation hewan peliharaan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Skotlandia, menawarkan proses Aquamation untuk hewan peliharaan yang sudah mati. Mereka juga menawarkan hal serupa untuk jenazah manusia.

Aquamation secara singkat adalah proses kremasi sepenuhnya dengan air. Prosesnya dikenal juga sebagai hidrolisis alkali, di mana proses ini melibatkan penguraian mayat dengan cepat dalam aliran air dan bahan kimia alkali.

"Setelah proses penguraian itu, maka yang tersisa dari tubuh hewan dan manusia hanya cairan dan tulang," ungkap laman The Daily Mail, dikutip Minggu (18/6/2023).


Cairan yang dikenal sebagai 'efluen', dapat mengalir dengan air limbah dan tulang lainnya dan ditumbuk hingga menjadi abu dan dibawa pulang bagi pemilik hewan dan keluarga yang sedang berduka.

Di AS, itu dilakukan tidak hanya untuk hewan peliharaan, tetapi juga untuk tubuh manusia. Langkah ini segera diikuti Skotlandia, salah satu negara pertama di Inggris yang melakukan metode yang sama.



Aquamation (juga dikenal sebagai hidrolisis alkali) adalah proses penguraian menggunakan air, bahan kimia alkali, panas dan kadang-kadang tekanan, untuk mempercepat dekomposisi alami pada tubuh hewan.

Prosesnya, yang memakan waktu sekitar 20 jam, meninggalkan fragmen tulang dan cairan netral yang disebut limbah yang dapat dikeluarkan dengan semua air limbah lainnya.

Setelah proses, tidak ada jaringan atau DNA yang tersisa. Dekomposisi yang terjadi dalam akuamasi adalah sama dengan yang terjadi selama penguburan, hanya dipercepat secara dramatis oleh bahan kimia.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)