Jelang Pensiun, Ini Harapan Suryamin untuk Kepala BPS Baru

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 15:08 WIB
Jelang Pensiun, Ini Harapan Suryamin untuk Kepala BPS Baru
Jelang Pensiun, Ini Harapan Suryamin untuk Kepala BPS Baru
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengutarakan harapan kepada penggantinya kelak, ketika dirinya sebentar lagi memasuki masa purnabakti atau pensiun. Menurutnya yang akan duduk memimpin BPS untuk periode mendatang bisa siapa saja, asalkan dia memiliki kredibilitas, integritas, pemahaman mendalam terhadap data dan siap terjun ke lapangan untuk survey atau sensus.

"Dia harus tahu seluk beluk data, jangan kulitnya saja dia tahu tapi dalamnya tidak. Harus turun lapangan, ke kabupaten, untuk mengetahui data-data di sana," kata dia di kantornya, Jumat (19/8/2016).

(Baca Juga: Suryamin Pamit Usai Sampaikan Rilis Data Gini Ratio RI)

Selain itu, Suryamin juga menegaskan untuk mempertahakan prestasi BPS Indonesia di mata dunia yang selama ini dalam penyajian datanya menjadi yang paling cepat dan akurat.

"Biasanya tanggal 30-31 kita masih di lapangan, tapi tanggal 1 pagi itu data harus masuk dan harus dirilis. Itu tidak boleh telat. Makannya basis kecepatan kita menjadi contoh dari BPS-BPS seluruh dunia," sambungnya.

Tidak hanya itu, dia juga mengataka, agar kepala BPS yang baru nanti haruslah orang yang detail. Alasannya agar data BPS bisa digunakan secara akurat oleh bangsa Indonesia setiap saat.

"Karena belum lama ini, pemerintah, Pak Presiden (Jokowi) juga meminta data BPS dimaksimalkan supaya menjadi satu-satunya acuan data yang valid. Ini tantangan buat kita dan saya harap bisa diteruskan sama yang baru nanti," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4980 seconds (0.1#10.140)