Arab Saudi Siapkan 20.000 Bus untuk Layani 2 Juta Jemaah, Jika Berbaris Panjangnya 350 kilometer

Rabu, 21 Juni 2023 - 07:50 WIB
loading...
Arab Saudi Siapkan 20.000 Bus untuk Layani 2 Juta Jemaah, Jika Berbaris Panjangnya 350 kilometer
Bus angkutan haji. Arab Saudi menyiapkan 20.000 unit bus untuk layani 2 juta jemaah haji. Foto/Ilustrasi: AN
A A A
JEDDAH - Arab Saudi menyiapkan sekitar 20.000 bus yang akan melayani 2 juta jemaah haji . Jika bus-bus ini berbaris maka itu akan membentuk jarak 350 km. "Kita berbicara tentang 2 juta orang bepergian lima kali dalam lima hari," ujar pejabat setempat.

Angka tersebut terungkap dalam Simposium Haji Akbar ke-47. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umrah, berlangsung di Jeddah pada hari Selasa, 20 Juni 2023. Simposium inibertajuk “Fasilitas Fikih dalam Haji.”

Simposium tersebut dihadiri oleh para menteri terkemuka Saudi termasuk Dr. Tawfiq Al-Rabiah, menteri Haji dan Umrah; Sheikh Abdulrahman Al-Sudais , Presiden Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci; Abdulfattah bin Sulaiman Mashat, Wakil Menteri Haji dan Umrah; dan Ayed Al-Gwinm, wakil menteri untuk urusan haji, selain sekelompok cendekiawan dan cendekiawan dari dunia Islam, serta delegasi perwakilan dari negara-negara Muslim.

Abdulfattah bin Sulaiman Mashat, Wakil Menteri Haji dan Umrah mengatakan haji di masa lalu tidak seperti haji di zaman kita, dan akan berbeda di masa depan… "Teknologi informasi adalah salah satu elemen kunci dalam haji," ujarnya.



Sementara itu, Wakil Menteri untuk Urusan Haji, Ayed Al-Gwinm, mengatakan, ada lebih dari 400 paket layanan yang ditawarkan berbagai perusahaan, yang dimanfaatkan oleh lebih dari 1,4 juta jemaah.

Menurutnya, kementerian telah bekerja sama dengan pihak swasta yang menyediakan layanan terkait perumahan, makanan, dan katering.

Hani Jokhdar, Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat, menambahkan bahwa 32.000 praktisi kesehatan memberikan pelayanan kepada jemaah selama musim haji melalui empat wilayah dan 14 pusat kesehatan melalui pelabuhan darat, udara dan laut.

Selain itu, terdapat 32 rumah sakit dan lebih dari 140 puskesmas, yang meliputi 46 puskesmas di Arafah, 26 di Mina, 6 di jalan pejalan kaki tempat suci, dan 16 di Jamarat.

Jokhdar menyarankan jemaah haji menggunakan payung karena kemungkinan suhu tinggi.

Dia menambahkan: “Saya menyarankan mereka yang menderita penyakit kronis dan wanita hamil untuk tidak pergi melempari Jamarat sendiri, dan menunjuk seseorang atas nama mereka untuk melakukan tugas ini karena melibatkan berjalan jauh saat hari cerah, yang akan menimbulkan risiko besar bagi kesehatan mereka.”



Mengenai teknologi, Al-Gwinm mengatakan gelang pintar haji akan berfungsi dalam melacak jemaah dan mengatur keramaian.

“Platform Nusuk akan membantu jemaah untuk memilih operator layanan untuk melakukan ritual, serta mengeluarkan izin dan visa yang diperlukan. Ini adalah aplikasi komprehensif untuk perjalanan haji," katanya kepada Arab News.

“Kami juga menggunakan platform Tafweej, di mana semua masalah terkait transportasi dimasukkan, untuk memastikan para jamaah berpindah dari rumah mereka di Makkah ke tempat suci, dan dari sana ke Masjidil Haram dengan mudah.”
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)