Tahun Ini Bulog Targetkan Buka 600 RPK

Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:37 WIB
Tahun Ini Bulog Targetkan Buka 600 RPK
Tahun Ini Bulog Targetkan Buka 600 RPK
A A A
SEMARANG - Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah mengembangkan Rumah Pangan Kita (RPK), untuk mensuplai kebutuhan pangan ke masyarakat, dan menekan harga komoditi utama penyebab inflasi.

RPK adalah kerja sama antara Bulog dan masyarakat. Dan masyarakat yang menjadi agen RPK akan mendapatkan suplai kebutuhan pangan berupa beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng, Usep Karyana mengatakan, program RPK salah satu upaya Bulog menstabilkan harga pangan. Juga perwujudan fungsi Bulog untuk menyediakan bahan pangan yang terjangkau. Melalui RPK ini, Bulog ingin mendekat ke masyarakat di desa-desa.

Dan pada tahun 2016 ini, pihaknya menargetkan membuka 600 agen RPK. “Saat ini pengajuan sudah ada sekitar 149 orang dan yang sudah realisasi 88 orang,” kata Usep Karyana, Selasa (23/8/2016).

Dia menjelaskan, untuk menjadi agen RPK tidaklah sulit. Masyarakat cukup mengajukan ke Bulog terdekat dengan membawa KTP, KK, serta surat keterangan dari RW setempat. Selain itu, setiap agen juga diwajibkan untuk berbelanja awal sebesar Rp5 juta. “Semua orang bisa menjadi agen RPK tetapi untuk satu RW hanya satu RPK,” katanya.

Dengan adanya RPK tersebut, ada ketersediaan komoditas pokok sehingga masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke pasar ketika membutuhkan produk tertentu.

Wakil Kepala Bulog Divre Jateng, Sopran Kenedy menambahkan, masyarakat yang sudah menjadi agen RPK, diwajibkan untuk menjual produk sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan Bulog. Jika agen melakukan pelanggaran maka kerja sama akan dihentikan, dalam hal ini, Bulog akan menghentikan suplai barang.

“Tujuan kami kan untuk menstabilkan harga, kalau harga agen RPK tidak sama dengan harga pasar tentu tidak akan ada dampaknya. Namun kami pastikan masyarakat yang menjadi agen tetap untung,” katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5609 seconds (0.1#10.140)