Jokowi Minta Menteri Fokus soal Kemiskinan dan Lapangan Kerja

Rabu, 24 Agustus 2016 - 18:29 WIB
Jokowi Minta Menteri Fokus soal Kemiskinan dan Lapangan Kerja
Jokowi Minta Menteri Fokus soal Kemiskinan dan Lapangan Kerja
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (Ratas) berkaitan dengan reformasi agraria. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan kepada Menteri terkait agar fokus terhadap masalah kemiskinan, ketimpangan sosial dan lapangan kerja.

‎"Laporan survei terbaru BPS menunjukkan kemiskinan di pedesaan perlu mendapatkan perhatian kita bersama‎," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Untuk itu, Jokowi berjanji pemerintah akan fokus terhadap pembangunan pedesaan dengan cara mempercepat infrastruktur, optimalisasi dana desa untuk sektor produktif, serta memperluas akses permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

‎"Selain itu perlu segera dilakukan langkah-langkah terobosan untuk menyelesaikan akses terhadap tanah serta persoalan ketimpangan penguasaan tanah di pedesaan‎," ujarnya.

Jokowi juga menekankan perlunya pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan. Pasalnya mayoritas masyarakat pedesaan masih bertahan hidup sebagai buruh tani.

Ia menyarankan agar para buruh tani di pedesaan ‎diberi keluwesan memanfaatkan lahan gurem, di mana para petani hanya memiliki kurang dari 0,3% lahan tersebut.

‎"Tingkat pendapatan yang rendah inilah yang menjadikan buruh tani dan petani gurem yang paling rentan terhadap kenaikan harga bahan pangan serta juga mendorong peningkatan urbanisasi ke kota-kota," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7272 seconds (0.1#10.140)