Mengatasi Ekonomi Belum Stabil Jangan Over Ekspansi

Kamis, 25 Agustus 2016 - 00:04 WIB
Mengatasi Ekonomi Belum Stabil Jangan Over Ekspansi
Mengatasi Ekonomi Belum Stabil Jangan Over Ekspansi
A A A
KONDISI ekonomi yang belum stabil bukan berarti harus pesimis. CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia yang belum pulih benar, harus dilihat sebagai peluang. Ya, peluang untuk bangkit. Namun, harus tetap hati-hati, jangan bernafsu tancap gas alias meredam keinginan yang bersifat over ekspansi.

"Meski tahun ini sudah lebih baik dari tahun lalu, namun kita harus benar-benar tahu bagaimana mengelola bisnis agar tidak over ekspansi. Ini challenges yang utama saat ini. Tujuannya demi menjaga kesehatan finansial," ujarnya berbagi kisah dalam acara Indonesia Brand Forum yang diprakarsai Koran SINDO di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Dengan sifat yang lebih prudent (hati-hati), membuat pengusaha selalu awas dan bisa melihat opportunity alias peluang yang ada. Misal di dalam negeri, apa yang akan dibangun di Indonesia dan yang sedang dijalankan sekarang.

Shinta lantas mencontohkan soal gencarnya Pemerintah Indonesia mengembangkan infrastruktur. "Ini harus bisa kita melihatnya," sambung dia.

Dia pun mencontohkan di bidang kelistrikan, dimana kebutuhan listrik sangat besar. Shinta lantas mengatakan pengusaha harus mengambil kesempatan ini namun tetap bersikap hati-hati.

Selain itu, kejelian untuk menatap dan memprediksi apa yang bakal terjadi ke depannya juga menjadi penting. Jangan sampai pengusaha dan para pebisnis terpeleset dengan situasi yang ada.

"Jadi kita harus jeli, karena dari segi stabilitas finansialnya sangat penting. Dan kita harus pandai melihat dan fokus ke depan dalam keadaan seperti ini, jangan sampai kita terjebak bahkan terpeleset dengan kondisi sekarang," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4256 seconds (0.1#10.140)