Harga Minyak Dunia Memanas di Tengah Ketegangan Militer AS-Iran

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 07:49 WIB
Harga Minyak Dunia Memanas di Tengah Ketegangan Militer AS-Iran
Harga Minyak Dunia Memanas di Tengah Ketegangan Militer AS-Iran
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia memanas atau naik 1% di tengah terjadinya ketegangan militer Amerika Serikat (AS) dengan Iran di Teluk dan spekulasi dolar AS akan jatuh pada saat pidato kebijakan moneter oleh Federal Reserve (The Fed).

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/8/2016), harga minyak Brent naik 62 sen atau 1,3% ke level USD49,67 per barel. Sementara, harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) naik 56 sen atau 1,2% ke level USD47,33.

Pasar kembali memberikan beberapa keuntungan setelah wawancara dengan Menteri Energi Arab Saudi dengan Reuters mengangkat keraguan baru tentang potensi OPEC membekukan produksi.

Minyak mentah berjangka naik setelah seorang pejabat pertahanan AS mengatakan sebuah kapal AS Angkatan Laut menembakkan tiga tembakan peringatan setelah serangan Iran mendekati dua kapal AS di Teluk utara.

AS telah melaporkan pada Rabu atas insiden lain di mana dia mengatakan kapal Iran dilecehkan sebuah kapal perang AS dekat Selat Hormuz awal pekan ini.

"Laporan-laporan ini konfrontasi antara AS dan kapal Iran memberikan penyebab lagi pada pasar minyak untuk berpikir tentang ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan gangguan potensial yang dapat menyebabkan lalu lintas minyak di sana," kata Phil Flynn, analis di Grup Harga Futures di Chicago.

Sebelumnya, harga minyak naik pada ekspektasi Ketua The Fed Janet Yelle akan berpidato di Jackson Hole, Wyoming yang mengisyaratkan penundaan lebih lanjut dalam kenaikan suku bunga AS. USD sedikit melemah pada Kamis dan bisa jatuh lebih jauh pada Jumat, meningkatkan harga minyak dan komoditas lainnya dalam mata uang tersebut.

Minyak mendapatkan beberapa keuntungan setelah Menteri Energi Saudi Khalid Al-Falih kepada Reuters dia tidak percaya atas intervensi pasar minyak yang signifikan diperlukan karena permintaan untuk minyak mentah di seluruh dunia.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen minyak lainnya, serta konsumen, akan bertemu di Aljazair pada 26-28 September di sela-sela Forum Energi Internasional. Spekulasi telah tersebar luas bahwa pertemuan itu akan setuju untuk pembekuan produksi setelah upaya serupa untuk membekukan produksi gagal pada April.

Al-Falih mengatakan tidak ada diskusi substansi pada tingkat produksi OPEC. Komentarnya memperkuat keyakinan banyak pelaku pasar bahwa pertemuan September tidak akan resor untuk setiap pembatasan produksi, terutama dengan data terbaru yang menunjukkan Saudi dan sesama anggota OPEC Iran memompa sebanyak yang mereka bisa.

"OPEC memproduksi rekor tertinggi dan pasar yang membayar mereka untuk melakukannya, dengan harga cara telah meningkat hari ini meskipun apa kata menteri Saudi," kata Tariq Zahir, pedagang minyak mentah di Tyche Capital Advisors di New York
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)