Pusat Perbelanjaan Ini Buat Zona Batik Nusantara

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 04:14 WIB
Pusat Perbelanjaan Ini Buat Zona Batik Nusantara
Pusat Perbelanjaan Ini Buat Zona Batik Nusantara
A A A
JAKARTA - Pengembangan Batik Pekalongan melalui kerja sama pemasaran dengan TM Mangga Dua Square, mendapat dukungan pemerintah daerah.

Pengelola TM Mangga Dua Square sebelumnya mengundang para pengusaha batik di daerah untuk bergabung dan mengembangkan usaha bersama di berbagai TM Agung Podomoro.

"Kami telah melakukan beberapa trip ke berbagai pusat batik di daerah, salah satunya ke Pekalongan. Memang tidak mudah mengumpulkan pedagang daerah yang terbiasa dengan comfort zone, masuk ke Jakarta. Tapi kami meyakinkan mereka," kata GM Promotion TM Mangga Dua Square Shindiwaty Mastra di Jakarta, Jumat (26/8).

Shindiwaty mengatakan, hingga saat ini, 50 pedagang batik Pekalongan telah bergabung mengisi unit-unit yang telah disiapkan yang jumlahnya mencapai 80 unit untuk tahap pertama. Selanjutnya, total zoning batik rencananya akan ditambah mencapai 150 unit yang diperuntukkan khusus untuk pedagang Batik Nusantara.

Awalnya, TM Mangga Dua Square memusatkan diri pada pusat busana muslim modern, menggandeng desainer Indonesia, Itang Yunaz. Seiring berjalan waktu, merambah batik sutra dan tenun.

"Semoga dengan kedatangan para pengusaha batik dari Pekalongan ini dapat menggairahkan batik kita, terutama agar bisa diserap pasar khususnya yang di wilayah Jakarta Utara ini," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Arslan Djunaid.

Chief Marketing Officer Mangga Dua Square Mulia Budiman mengatakan pihaknya optimistis akan mengulang cerita seperti Thamrin City, di tahun 2009-2010. "Dulu kan memang daerahnya sepi dan salah satunya adalah batik-batik Pekalongan yang datang mengisi tempat di Thamrin City. Batik Pekalongan terkenal dengan pedagang yang rajin dan gigih," ujarnya.

Mulia Budiman berharap berkat dukungan dari Wali Kota Pekalongan dan juga dari promosi-promosi TM Mangga Dua Square, batik Pekalongan akan lebih dikenal oleh masyarakat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5843 seconds (0.1#10.140)