Menteri Eko Usulkan Pemberian Insentif untuk Investor di Desa

Senin, 29 Agustus 2016 - 19:09 WIB
Menteri Eko Usulkan Pemberian Insentif untuk Investor di Desa
Menteri Eko Usulkan Pemberian Insentif untuk Investor di Desa
A A A
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok bisa menarik investor ke Indonesia, tepatnya desa-desa untuk berinvestasi. Hal tersebut dinyatakan alumnus Universitas Indonesia tersebut dalam rapat koordinasi pasokan dan harga pangan pokok.

Menurut dia, investasi tersebut bisa dalam penyediaan sarana dan prasarana. Dan investor-investor yang tertarik akan diberikan insentif untuk mempermudah menanamkan modal mereka.

Eko menambahkan, pemberian 'karpet merah' ini bukan hanya khusus investor, Kemendes dan PDT juga akan memberikan insentif untuk petani yang akan investasi di sarana dan prasarana.

Tujuannya mewujudkan program Pemerintah yang menginginkan desa-desa di Indonesia, masing-masing dapat menanam satu komoditas prioritas yang menjadi andalan mereka.

"Ya, memang nantinya akan ada pemberian insentif kepada mereka yang mau investasi. Menteri BUMN atau bank swasta akan berikan pinjaman kredit investasi dan kredit modal kerja," kata dia di kantor kementerian pertanian, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Baca: Satu Desa Didorong Tanam Satu Komoditas Unggulan

Pihaknya akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai insentif ini untuk ditindaklanjuti lebih dalam agar ke depannya investor banyak yang tertarik.

"Kami akan coba mengobrol dengan Bu Menkeu, kalau memungkinkan akan diberi insentif pajak. Misalnya PPh-nya dikurangi berapa persen untuk yang mau investasi terutama investor-investor besar ke desa-desa untuk sarana dan prasarana," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7987 seconds (0.1#10.140)