Mengenal 6 Universitas Swasta yang Menyediakan Beasiswa

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:24 WIB
loading...
Mengenal 6 Universitas Swasta yang Menyediakan Beasiswa
Universitas swasta yang menyediakan beasiswa tentu kerap menjadi incaran banyak mahasiswa. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Universitas swasta yang menyediakan beasiswa tentu kerap menjadi incaran banyak mahasiswa. Tidak sedikit perguruan tinggi swasta tersebut memiliki kualitas lebih bagus dibanding universitas negeri.

Namun, perguruan tinggi swasta memang dikenal dengan biayanya yang relatif mahal. Itu sebabnya banyak lulusan SLTA yang lebih memilih universitas negeri. Meski begitu terdapat sejumlah perguruan tinggi swasta yang menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswanya.


Berikut enam universitas swasta yang akan menyediakan beasiswa kepada mahasiswanya:

1. Universitas Pertamina

Salah satu universitas swasta yang menyediakan beasiswa kepada mahasiswanya adalah Universitas Pertamina. Berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, perguruan tinggi ini menyediakan berbagai jenis beasiswa.

Beasiswa yang ditawarkan Universitas Pertamina adalah Beasiswa Ujung Negeri, Beasiswa Influencer, Beasiswa Future Leaders, Beasiswa Karakter Unggulan, Beasiswa Bazma Universitas Pertamina, dan Beasiswa Generasi Juara.

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan juga termasuk Perguruan Tinggi Swasta yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswanya. Beasiswa yang ditawarkan pun cukup menarik, yaitu berupa pemberian keringanan biaya studi, pemberian bantuan biaya studi, dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa prestasi akademik dan non-akademik.

Jenis beasiswa yang ada di kampus terakreditasi unggul ini yaitu Penghargaan Arindama, Beasiswa Santyana Bhakti, Beasiswa Kriyasadana, dan Beasiswa Silih Asuh. Namun untuk memperolehnya, mahasiswa harus memenuhi kriteria yang sudah dijadikan syarat untuk memperoleh beasiswa tersebut.


3. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan merupakan kampus swasta yang berada di Tangerang. UPH saat ini terus berusaha untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia dengan mengembangkan standarisasi pendidikan layanan berkelas dunia.

Kampus dengan terakreditasi B ini menawarkan sejumlah beasiswa. Beasiswa tersebut diantaranya seperti Beasiswa Dhuafa, Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Prestasi Khusus, Beasiswa Jalur Undangan Prestasi, dan Beasiswa Yatim Piatu.

4. Telkom University

Telkom University merupakan salah satu kampus BUMN yang menawarkan berbagai jenis beasiswa. Berlokasi di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, beasiswa yang dibuka kampus ini meliputi beasiswa keagamaan, beasiswa IDCloud Host, Indonesia Gold Generation Scholarship, dan Beasiswa Quipper Scholarship Award.

Sama dengan kampus swasta lainnya, untuk mendapatkan beasiswa tersebut setiap mahasiswanya harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Selain beasiswa, kampus dengan akreditasi unggul ini menyediakan juga berbagai fasilitas memadai baik akademik maupun non akademik.

5. Universitas Islam Indonesia

Universitas yang berada di Yogyakarta ini memang terkenal menyediakan sejumlah beasiswa kepada mahasiswanya. Beasiswa tersebut meliputi Beasiswa Duafa, Beasiswa Hafiz Al-Quran, Beasiswa Santri Unggulan UII, Beasiswa Unggulan, dan Beasiswa Atlet dan Juara Seni.

Kampus dengan akreditasi unggul ini juga banyak menyediakan fasilitas memadai untuk kegiatan mahasiswanya. Beberapa diantaranya seperti perpustakaan, pondok pesantren, masjid, gedung olahraga, hingga rusunawa mahasiswa.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana juga bisa menjadi referensi bagi mahasiswa yang menginginkan beasiswa di universitas swasta. Diketahui, universitas ini menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa yang telah memenuhi kriterianya.

Dikutip dari laman resminya, beasiswa yang ditawarkan berupa Beasiswa Prestasi Minat dan Bakat, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bidik Misi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dari Koodinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)