Idgham Mimi : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya

Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:34 WIB
loading...
Idgham Mimi : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya
Idgham Mimi adalah salah satu hukum bacaan yang perlu dipahami oleh umat muslim baik dari pengertian maupun cara membacanya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Idgham Mimi adalah salah satu hukum bacaan yang perlu dipahami oleh umat muslim baik dari pengertian maupun cara membacanya. Karena membaca Al Qur'an dengan benar dan tartil menjadi anjuran bagi setiap Islam.

Idgham Mimi atau Idgham Mutamasilain merupakan salah satu dari tiga hukum bacaan mim mati. Dua di antaranya adalah Izhar Syafawi dan Ikhfa Syafawi.

Secara bahasa, idgham berarti memasukkan atau melebur. Sedangkan, mimi maksudnya adalah sesama huruf mim. Idgham Mimi secara istilah sendiri berarti memasukkan atau meleburkan suara mim sukun ( مْ ) ke huruf mim berharakat ( مَ مِ , مُ ) yang terletak setelahnya, membuat kedua huruf tersebut menjadi satu dan dan bertasydid.

Cara Membaca Idgham Mimi

Cara membaca Idgham Mimi adalah dengan meleburkan huruf mim yang bertemu menjadi satu, dengan dengung selama 3 ketukan. Umumnya hukum bacaan ini akan ditandai dengan tasydid dalam Al-Qur'an.

Tasydid Idgham Mimi atau Mitslain merupakan Tasydid Hukum, yakni tanda tasydid yang ada dan diberikan sebab terjadinya suatu hukum peleburan atau pertemuan.

Contoh Idgham Mimi

Untuk lebih memahami Idgham Mimi, berikut ini sejumlah contoh bacaan yang terdapat di dalam Al-Qur'an.

شِئْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖۗ


Dalam bacaan di Surat Az-Zumar ayat 15 tersebut terdapat mim sukun yang bertemu dengan mim tasydid berharakat kasrah. Cara membacanya "syi'tummin-duunihi".

هُمْ مِّنْهُ وَقُوْلُوْا


Dalam bacaan di Surat An-Nisa ayat 8 ini terdapat pertemuan antara mim sukun dengan mim tasydid berharakat kasrah. Cara membacanya "humminhu-waquuluu".

خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ


Dalam bacaan di Surat An-Nisa ayat 1 ini terdapat pertemuan antara mim sukun dengan mim tasydid berharakat kasrah. Cara membacanya "gholaa-qokumminnafsin".

فَهُمْ مُّقْمَحُوْنَ


Dalam bacaan di Surat Yasin ayat 8 ini terdapat pertemuan antara mim sukun dengan mim tasydid berharakat dhammah. Cara membacanya "Fahummuqmahuun".

لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ كَبِيْرٌ


Dalam bacaan di Surat Al-Mulk ayat 12 ini terdapat pertemuan antara mim sukun dengan mim tasydid berharakat fathah. Cara membacanya "Lahummaghfiratun wa ajrun kabiir".


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)