Suhu Panas Meningkat, Beijing Keluarkan Peringatan Merah

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:09 WIB
loading...
Suhu Panas Meningkat, Beijing Keluarkan Peringatan Merah
Di jalan-jalan Beijing, pejalan kaki terlihat mengenakan masker, topi, dan pelindung dari sinar matahari. Di sepanjang kanal kota, beberapa mencari pelarian dari panas dengan bermain-main di air. FOTO/AFP
A A A
BEIJING - Sekitar 185 peringatan merah dikeluarkan untuk China utara dan timur. Peringatan juga termasuk untuk Beijing, kota terdekat Tianjin dan provinsi Hebei serta Shandong.

Pihak berwenang menyarankan orang untuk menghindari luar ruangan dengan suhu yang diperkirakan akan tetap tinggi selama 8 hingga 10 hari ke depan.

Menurut layanan cuaca pemerintah, ini adalah pertama kalinya sejak 2014 peringatan merah digunakan di Beijing, rumah bagi hampir 22 juta orang.

Suhu di ibu kota mencapai sekitar 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit), setelah mencapai rekor Juni 41,1C (106F) pada hari Kamis lalu.

Suhu tertinggi bulan Juni sebelumnya terjadi pada 10 Juni 1961, ketika suhu mencapai 40,6C (105F).

Penduduk Beijing terbiasa dengan musim panas yang terik tetapi suhu di seluruh China luar biasa tinggi dalam beberapa bulan terakhir. Para ilmuwan mengatakan panas diperparah oleh perubahan iklim.

"Cuaca ini bukan manusia dan ini hanya bulan Juni!" tulis seorang pengguna di platform perpesanan Cina Weibo.

Di jalan-jalan Beijing, pejalan kaki terlihat mengenakan masker, topi, dan pelindung dari sinar matahari. Di sepanjang kanal kota, beberapa mencari pelarian dari panas dengan bermain-main di air.

Menurut layanan meteorologi China di provinsi pesisir Shandong, yang berbatasan dengan Laut Kuning, suhu mencapai 43C (109F).

Media lokal melaporkan bahwa 17 stasiun cuaca di sekitar wilayah tersebut memecahkan rekor suhu.

Administrasi Meteorologi China mengatakan pada hari Kamis lalu suhu tinggi diperkirakan akan bertahan di sebagian besar wilayah utara negara itu selama delapan hingga 10 hari ke depan.

Otoritas setempat memperingatkan suhu tinggi yang berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan dan menyarankan orang untuk membatasi waktu mereka di luar ruangan dan minum setidaknya 1,5 liter air setiap hari.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)