BNI Perkuat Layanan Perbankan di Kawasan Transmigrasi

Rabu, 07 September 2016 - 21:58 WIB
BNI Perkuat Layanan Perbankan di Kawasan Transmigrasi
BNI Perkuat Layanan Perbankan di Kawasan Transmigrasi
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) memperkuat layanan perbankan di Kota Terpadu Mandiri (KTM), Kawasan Transmigrasi (KTM) dengan membuka agen Laku Pandai atau Agen46 di Telang, Banyuasin, Sumatera Selatan. Hal ini sebagai langkah BNI dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di daerah pedesaan.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto mengemukakan, Agen46 yang dibuka di KTM Telang ini, pertama menggandeng Koperasi KSU Syariah BMT Trans Mekarsari Mandiri di Desa Mulia Sari Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin. Kedua, bekerja sama BUMDes Mulia Asri di Desa Mulia Sari, Tanjung Lago, Banyuasin. Selain itu juga dibuka Agen 46 di Warung Rossela Desa Mulia Asri.

“Untuk memaksimalkan penguatan ekonomi di KTM Telang, BNI juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan nilai kredit mikro dan KUR senilai Rp500 juta untuk membangun RMP,” ujar Suprajarto, dalam siaran persnya, Rabu (7/9/2016).

untuk memaksimalkan penguatan ekonomi di KTM Telang, BNI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan nilai kredit mikro dan KUR senilai Rp500 juta untuk membangun RMP.

Selain itu, BNI juga menyerahkan 5 hand tractor sebagai bentuk dukungan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) terhadap sektor pertanian setempat. Hand tractor tersebut diserahkan kepada Bumdesa Mulia Asri dan Bumdesa Bersama KTM Telang yang merupakan binaan BNI.

Menurut Suprajarto, dengan dikembangkan KTM akan sangat membantu masyarakat untuk dapat langsung menjual berbagai hasil produksinya, sehingga dapat memotong beberapa rantai distribusi yang membebani biaya penjualan.

Di samping itu, adanya KTM membantu masyarakat membeli barang kebutuhannya yang disediakan oleh Rumah Pangan Kita dengan harga pasar terjangkau karena harganya sudah dikontrol oleh pemerintah.

"Kehadiran agen 46 di Bumdes dan RPK di KTM Telang, juga dapat dimanfaatkan masyarakat Telang untuk bertransaksi keuangan, seperti pembukaan rekening, transfer, tarik tunai, pembelian pulsa, telepon pembayaran listrik, dan lainnya, tanpa harus datang langsung ke kantor Bank, " kata Suprajarto.

Saat ini, BNI sudah membangun sistem yang terintegrasi dengan Kementerian Sosial untuk penyaluran bantuan sosial, sehinga Bumdesa nantinya juga dapat berfungsi sebagai tempat pencairan manfaat bagi penerima bantuan sosial dan subsidi di daerah setempat.

Sistem yang dibangun ini bersifat terbuka (open system), di mana nantinya pencairan manfaat juga dapat dilakukan di seluruh jaringan Himbara (Bank Mandiri, BRI, BTN dan tentunya BNI), yang juga merupakan perwujudan sinergi BUMN untuk membangun negeri.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5421 seconds (0.1#10.140)