H-2 Idul Adha, Tiket Kereta Ekonomi Ludes

Kamis, 08 September 2016 - 02:11 WIB
H-2 Idul Adha, Tiket Kereta Ekonomi Ludes
H-2 Idul Adha, Tiket Kereta Ekonomi Ludes
A A A
PALEMBANG - Para penumpang tiket kereta api banyak kecewa. Penyebabnya, tiket kereta api menjelang Idul Adha pada 12 September mendatang sudah banyak ludes. Diketahui, tiket ekonomi yang sudah ludes, yakni H-2 dan H-1 Idul Adha.

General Humas PT KAI Divisi Regional Sumatera Selatan-Lampung, Aida Suryani mengatakan, pihaknya tidak akan menambah jumlah kereta pada Idul Adha mendatang. Pertimbangannya, jumlah penumpang yang ditafsir tidak mengalami peningkatan seperti Idul Fitri lalu.

“Dipastikan tidak ada penambahan kereta karena penumpangnya tidak banyak,” ujarnya kepada Koran Sindo Palembang, Rabu (7/9/2016).

PT KAI sendiri telah menyiapkan tiket 2.746 untuk semua relasi dan jurusan. Dan menurutnya peningkatan penumpang sudah terasa menjelang Idul Adha mendatang. Pada H-2 sampai dengan H-1, kereta ekonomi jurusan Palembang-Lampung sudah ludes dipesan. Sementara, tiket kereta dengan jurusan Palembang-Lubuk Linggau masih tersedia bagi penumpang.

“Tiket sudah habis yang kereta ekonomi ke Lampung. Selebihnya, tiket masih ada,” sambungnya.

Sementara tiket kereta non ekonomi, yakni eksekutif dan bisnis masih tersedia menjelang Idul Adha 1437 Hijriah. Tiket kereta non ekonomi masih tersedia bagi jurusan Palembang-Lampung dan Palembang-Lubuk Linggau.

Untuk Idul Adha ini, ia mengatakan PT KAI sudah mengisyaratkan penumpang untuk membeli tiket lebih cepat. Mengingat pada Idul Adha, jumlah penumpang akan lebih meningkat dan mengalami puncak penumpang pada H-2 dan H-1. Apalagi, pada Idul Adha, terdapat libur pegawai selama lebih tiga hari, mulai dari hari Sabtu, Minggu, dan Senin.

Adapun untuk tarif kelas bisnis dan ekonomi mengacu pada batas bawah dan tarif batas atas. Untuk Kertapati-Tanjung Karang, kelas eksekutif, tarif bawah dan atasnya yakni Rp160.000-Rp190.000, sedangkan untuk kelas bisnis tarif batas bawah dan atasnya, sekitar Rp135.000-Rp150.000. Sementara, kertapati-Lubuk Linggau, pada kelas eksekutif, tarif bawah dan atasnya berada pada Rp140.000-Rp170.000. Sedangkan untuk kelas bisnis tarif batas bawahnya dan atasnya Rp100.000-Rp130.000.

“Untuk kereta api ekonomi relasi Kertapati-Tanjung Karang, Kertapati-Lubuk Linggau, tarifnya sama Rp32.000,” tukasnya.

Salah satu penumpang, Dian Natalia, 34, mengaku kehabisan tiket kereta api kelas ekonomi kemarin pagi. Padahal, mahasiswi Unsri ini berencana untuk merasakan Idul Adha di kota kelahirannya, Metro Lampung, sehingga ia memutuskan untuk membeli tiket kereta bisnis dan eksekutif, yakni kereta Sriwijaya Limex.

“Tadi pagi (kemarin) habis tiket keretanya, jadi terpaksa kereta malam. Padahal, selisih harganya lumayan jauh. Saat ditanya-tanya dengan bagian informasi, memang tiket sudah habis terjual meski PT KAI tidak memberlakukan penambahan gerbong,” tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5060 seconds (0.1#10.140)