Sri Mulyani Gandeng Kemensos Salurkan Mackarel Selundupan

Selasa, 13 September 2016 - 13:32 WIB
Sri Mulyani Gandeng Kemensos Salurkan Mackarel Selundupan
Sri Mulyani Gandeng Kemensos Salurkan Mackarel Selundupan
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, produk selundupan yakni Frozen Pasific Mackarel yang berhasil digagalkan bakal disalurkan kembali kepada masyarakat yang tidak mampu lewat Kementerian Sosial (Kemensos). Dia menerangkan ini langkah agar program bantuan sosial langsung (bansos) tepat sasaran.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan dalam bentuk mackarel ini. Biasanya jika ada temuan penyelundupan dalam bentuk apa saja termasuk makanan, kami melakukan pemusnahan. Tapi untuk kali ini kita akan menyalurkannya lewat Kemensos," kata Sri Mulyani di New Port Container Terminal 1, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

(Baca Juga: Kemenkeu dan KKP Cegah Kerugian Negara dari Penyelundupan)

Tak hanya itu untuk penyelundupan baby lobster yang berhasil digagalkan Bea Cukai, Sri Mulyani menerangkan karena masih dalam bentuk bayi, maka komoditas tersebut akan dikembalikan atau dilepas ke habitatnya agar dapat tumbuh dewasa sehingga pada waktunya nanti siap dipanen dan dijual secara legal oleh nelayan Indonesia.

Dia menambahkan langkah ini akan diawasi dengan ketat oleh pemerintah, agar bansos dalam bentuk mackarel ini jangan sampai bocor. Pasalnya, jika ini bocor ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, maka dikhawatirkan produk itu akan dijual kembali sehingga mengganggu pasar karena ada kemungkinan dijual jauh dari harga pasaran.

"Kita akan jaga ini, agar penyaluran bansos dalam bentuk mackarel ini jangan sampai bocor. Karena kalau sampai bocor, pasti akan dimainkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kemudian dijual lagi di atas atau di bawah harga pasar," tandasnya.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan berhasil menggagalkan penyelundupan kontainer jenis mackarel asal Jepang dalam bentuk frozen squid, dan juga penyelundupan amonium nitrat serta baby lobster.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)