5 Bahaya Telat Ganti Kampas Rem pada Mobil, Waspada!

Rabu, 28 Juni 2023 - 16:42 WIB
loading...
5 Bahaya Telat Ganti Kampas Rem pada Mobil, Waspada!
Kampas rem pada mobil merupakan salah satu komponen yang perlu diperiksa secara rutin. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kampas rem pada mobil merupakan salah satu komponen yang perlu diperiksa secara rutin. Jika tidak dalam keadaan baik, berbagai risiko yang ditimbulkan bisa sangat fatal.

Seperti yang kita ketahui, jika rem memang menjadi bagian penting pada sebuah kendaraan. Pasalnya, fungsi rem yaitu sebagai pengurang laju saat melakukan deselerasi.

Salah satu penyebab rem mobil tidak lagi berfungsi secara maksimal adalah karena kampas rem telat diganti. Akibatnya, terdapat sejumlah bahaya yang bisa mengintai kesehatan pada rem mobil.


Berikut lima bahaya karena sering telat ganti kampas rem pada mobil:

1. Pengereman Menjadi Tidak Pakem

Dampak pertama yang umum ditimbulkan karena telat ganti kampas rem adalah sistem pengereman menjadi tidak maksimal. Hal ini terjadi karena jepitan kampas rem ke piringan cakram sudah tidak lagi mencengkeram, sehingga tidak bisa melakukan pengereman dengan sempurna.

2. Piringan Cakram Baret

Pada saat kampas rem mobil sudah habis, plat besi yang ada pada dudukan rem akan bergesekan dengan piringan cakram. Jika dibiarkan bisa membuat piringan cakram menjadi baret.

Baret yang ditimbulkan akan menyebabkan piringan cakram menjadi rusak dan tampilannya menjadi kurang baik. Piringan cakram yang baret juga akan membuat kampas rem baru yang dipasang cepat habis.


3. Bisa Menimbulkan Percikan Api

Kampas rem yang tidak segera diganti dapat menimbulkan percikan api karena adanya gesekan antara kedua besi. Jika sudah terjadi hal ini, maka mobil dalam keadaan berbahaya.

Kondisi ini dapat membuat sistem pengereman menjadi tidak efektif. Bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat roda depan menjadi bergetar ketika mobil dijalankan seperti biasa.

4. Tidak Nyaman saat Dikendarai

Dampak lain yang ditimbulkan karena telat mengganti kampas rem yaitu menyebabkan mobil tidak nyaman ketika dikendarai. Beberapa hal yang mungkin terjadi adalah kemudi mudah bergetar, tidak stabil dan tersendat saat melakukan pengereman.

5. Adanya Kerusakan Tambahan

Jika rem mobil berjenis tromol, dampak yang ditimbulkan jika telat mengganti kampas rem mobil menyebabkan kerusakan tambahan pada komponen lainnya. Tromol yang berfungsi sebagai dudukan kampas bisa termakan, sehingga komponen tersebut harus segera diganti dengan yang baru.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)