Gubernur BI Perkirakan Ekonomi Global Tumbuh Moderat

Rabu, 21 September 2016 - 00:12 WIB
Gubernur BI Perkirakan Ekonomi Global Tumbuh Moderat
Gubernur BI Perkirakan Ekonomi Global Tumbuh Moderat
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia memasuki paruh kedua tahun 2016 ini relatif baik dengan tingkat growth rata-rata 5,5% dalam 5 tahun terakhir. Menurutnya ekonomi RI akan tumbuh kuat di ketidakpastian ekonomi global.

Lebih lanjut dia menerangkan ekonomi global diperkirakan tumbuh pada kecepatan moderat apabila melihat indikator yang ada. "Apalagi, IMF baru-baru ini merevisi pertumbuhan global dari 3,2% menjadi 3,1% pada tahun 2016 dan dari 3,5% menjadi 3,4% di tahun 2017," terang dia di Jakarta.

Agus juga memprediksi Indonesia akan lebih menekankan pada investasi sebagai mesin pertumbuhan. Guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif, diterangan Indonesia tidak lagi dapat mengandalkan ekspor berbasis alam-resouce.

Dia menambahkan Indonesia juga perlu melibatkan lebih banyak pada kegiatan bernilai tambah tinggi dengan menguasai teknologi dan pengembangan industri nasional yang kuat. "Dan itu membutuhkan investasi," sambungnya

Dalam hal ini, menurut dia pemerintah Indonesia telah membuat beberapa reformasi yakni dengan menghapus dan mengurangi subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) serta mengalokasikan lebih banyak pengeluaran untuk investasi, terutama belanja infrastruktur. Namun, menurutnya pembiayaan investasi dari pemerintah saja tidak cukup.

"Hal ini juga membutuhkan partisipasi dari sektor swasta, salah satunya sektor perbankan yang menjadi sumber penting pembiayaan investasi di Indonesia," tukasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)