Bahas Ekonomi Dunia, Jokowi Undang Pakar Ekonomi ke Istana

Kamis, 22 September 2016 - 14:36 WIB
Bahas Ekonomi Dunia, Jokowi Undang Pakar Ekonomi ke Istana
Bahas Ekonomi Dunia, Jokowi Undang Pakar Ekonomi ke Istana
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang makan siang sejumlah pakar ekonomi‎ asal Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta masukan dan pandangan mengenai perekonomian dunia, di mana masalah ekonomi dunia juga telah dibahas sebelumnya dalam pertemuan KTT G20 di China.

(Baca Juga: Ekonomi Dunia Loyo, Jokowi Andalkan Penerimaan Dalam Negeri)

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengatakan, pertemuan G20 ‎menurutnya belum menemukan jawaban untuk menyelesaikan perekonomian global. "Saya bertemu dengan IMF, bank dunia OICD, semuanya tetap tahun depan masih pesimis bahwa pertumbuhan ekonomi dunia naik dan mereka malah menyampaikan akan ada penurunanan lagi‎," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Menurut dia, kondisi ekonomi yang belum membaik dianggap sebagai kabar yang kurang menyenangkan. Hal itu masih ditambah dengan harga komoditas yang belum stabil, serta kebijakan keuangan dunia yang dianggap belum jelas arahnya.

(Baca Juga: Gubernur BI Perkirakan Ekonomi Global Tumbuh Moderat)

Jokowi menuturkan, meski semua memandang pesimis ekonomi dunia akan mengalami peningkatan, namun ia masih melihat optimisme yang dipaparkan negara India. Maka dia berharap Indonesia mau mencontoh rasa optimisme yang dibangun oleh India.

"Tetapi tetap dengan pembenahan-pembenahan di dalam dan kita harus lakukan perombakan besar-besaran. Kalau tidak melakukan itu, saya pastikan kita akan ditinggal," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9198 seconds (0.1#10.140)