Harga Minyak Turun Hampir 3% Terimbas Sikap Arab Saudi-Iran

Rabu, 28 September 2016 - 07:52 WIB
Harga Minyak Turun Hampir 3% Terimbas Sikap Arab Saudi-Iran
Harga Minyak Turun Hampir 3% Terimbas Sikap Arab Saudi-Iran
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia turun sekitar 3% setelah Arab Saudi dan Iran memusnahkan harapan pasar bahwa kedua produsen OPEC besar akan mencapai kompromi pekan ini di pertemuan di Aljir untuk membantu meringankan kelebihan pasokan minyak global.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (28/9/2016), harga mibyak brent turun USD1,38, atau 2,9% ke level USD45,97 per barel. Begitu juga dengan minyak AS West Texas Intermediate (WTI) turun USD1,26, atau 2,7% ke level USD44,67 per barel.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih kepada wartawan di ibukota Aljazair mengatakan, OPEC dan produsen minyak lainnya berkumpul untuk International Forum Energi pada 26-28 September, dia tidak berharap adanya kesepakatan untuk keluar dari konsultasi pada hari terakhir.

Dia juga mengatakan tidak berpikir ada kebutuhan untuk menyesuaikan secara signifikan atau memotong pasokan dan bahwa Iran, Libya dan Nigeria harus diizinkan untuk memproduksi pada tingkat maksimum terlihat dalam sejarah.

"Jika Anda sedang mencari sesuatu yang berbahaya dari pertemuan ini, ini itu. Alih-alih cutting, mereka memberitahu semua orang untuk secara substansial meningkatkan pasokan," kata Jim Williams, analis di WTRG Economics di London, Arkansas.

Dalam perdagangan pasca-penyelesaian, pasar dikupas kerugian setelah kelompok perdagangan American Petroleum Institute melaporkan hasil imbang dari 752.000 barel pekan lalu, dibandingkan perkiraan analis sebanyak 3 juta barel. Pemerintah AS akan melaporkan data persediaan resmi pada Rabu, menunjukkan jika stok memang jatuh tak terduga selama sepekan berturut-turut.

Harga minyak telah merosot menjadi kurang dari setengah posisi tertinggi di 2014, mendorong Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lain untuk mencari rebalancing pasar yang akan mengangkat pendapatan minyak mereka andalkan untuk anggaran nasional mereka.

Sebelumnya pada hari itu, Iran mencoba untuk merebut kembali ekspor minyak setelah pencabutan sanksi, menolak tawaran Saudi untuk membatasi produksi dalam pertukaran untuk mengurangi pasokan dengan Riyadh.

Seperti Saudi, Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh mengatakan pembicaraan di Algiers "bukan waktu untuk pengambilan keputusan", menunda kemungkinan perjanjian untuk pertemuan kebijakan resmi OPEC ditetapkan untuk 30 November di Wina.

Anggita OPEC lainnya Irak mengatakan berdasarkan anggaran 2017 pada asumsi itu ekspor 3,75 juta barel per hari sebesar USD42 per barel. Goldman Sachs memangkas proyeksi harga untuk WTI pada kuartal keempat menjadi USD43, dari kisaran USD45-USD50, dia mengharapkan pasokan melebihi permintaan dengan 400.000 barel per hari.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)