JK Buka Pameran Hari Kelistrikan Nasional ke-71

Rabu, 28 September 2016 - 11:15 WIB
JK Buka Pameran Hari Kelistrikan Nasional ke-71
JK Buka Pameran Hari Kelistrikan Nasional ke-71
A A A
JAKARTA - Waki‎l Presiden RI Jusuf Kalla (Wapres JK) hari ini membuka Pameran Hari Kelistrikan Nasional ke-71 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). JK mengatakan bahwa saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia.

Dia mengatakan, pada era 1950-an listrik pada umumnya hanya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan. Sementara, untuk masyarakat di pedesaan, listrik masih dianggap sebagai barang mewah.

"‎Sekarang semua berubah sejalan dengan zaman dan kemajuan. Kalau dulu kebutuhan dasar kita hanya sandang, pangan, papan, saya kira listrik sudah jadi kebutuhan dasar manusia," katanya di JCC, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Dia mengatakan, karena telah menjadi kebutuhan mendasar, maka ketersediaan listrik menjadi hal mutlak harus dilakukan. Namun, politisi Partai Golkar ini juga memberikan catatan agar listrik yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik.

"‎Listrik harus punya kualitas yang baik. Kalau dulu mati lampu hal biasa, sekarang mati lampu sejam orang akan protes kemana-mana. Kalau dulu kualitas listrik biasa saja, sekarang kalau listrik mati akan rusak komputer Anda. Jadi, kita harus jaga jumlah, kualitas, dan kesinambungan," tuturnya.

Selain itu, mantan Wapres era Presiden SBY ini menambahkan, dalam era kompetisi seperti sekarang ini maka harga listrik yang murah juga menjadi sebuah kewajiban. Jika tidak, maka industri dalam negeri tidak akan mampu bersaing dengan industri lainnya di luar negeri.

"‎Kalau harga listrik tinggi, tentu tidak bisa bersaing dengan negara seperti Vietnam dan Thailand. Karena itu, lengkap upaya kita, membangun listrik bukan hanya soal persentase elektrifikasi, tapi juga tentang kualitas keberlanjutan dan sumber energi," tandas JK.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5723 seconds (0.1#10.140)