Obama Pimpin Delegasi AS ke Pemakaman Shimon Peres

Kamis, 29 September 2016 - 06:21 WIB
Obama Pimpin Delegasi AS ke Pemakaman Shimon Peres
Obama Pimpin Delegasi AS ke Pemakaman Shimon Peres
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akan memimpin langsung delegasi Paman Sam untuk menghadiri pemakaman mantan presiden Israel Shimon Peres. Begitu pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Gedung Putih.

"Presiden akan berangkat ke Israel hari Kamis dan akan kembali ke Washington, DC, pada hari Jumat," kata pihak Gedung Putih seperti dikutip dari NBC News, Kamis (29/9/2016).

Dalam sebuah pernyataan belasungkawa, Obama menyatakan bahwa mantan pemimpin Israel itu tidak pernah berhenti berharap untuk mengejar perdamaian antara Israel, Palestina, dan tetangga Israel lainnya. Obama mengatakan tidak ada yang bisa berbuat banyak untuk memperkuat ikatan antara Israel dan AS daripada Peres.

"Ada beberapa orang yang berbagi dunia ini dengan kita yang mengubah jalannya sejarah dunia, bukan hanya melalui peran mereka dalam peristiwa manusia, tetapi karena mereka memperluas imajinasi moral kita dan memaksa kita untuk mengharapkan lebih dari kita sendiri. Teman saya Shimon adalah salah satu dari orang-orang itu," kata Obama.

Mantan presiden Israel, Shimon Peres meninggal pada usia 93 tahun setelah dirawat di rumah sakit akibat penyakit stroke. Kabar meninggalnya sosok yang disebut sebagai salah satu pendiri negara Israel diumumkan langsung oleh pihak keluarga.

Sejumlah pemimpin dunia diperkirakan akan menghadiri pemakamannya di Yerusalem. Mantan presiden AS Bill Clinton, Pangeran Charles dari Inggris dan Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan mereka akan hadir di antara para pemimpin lainnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)