Pelindo II Target Dwelling Time Jadi 2,5 Hari Awal Tahun Depan

Jum'at, 07 Oktober 2016 - 18:46 WIB
Pelindo II Target Dwelling Time Jadi 2,5 Hari Awal Tahun Depan
Pelindo II Target Dwelling Time Jadi 2,5 Hari Awal Tahun Depan
A A A
BANDUNG - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) menargetkan waktu tunggu bongkar muat petikemas (dwelling time) akan menjadi 2,5 hari pada awal Januari 2017. Salah satu yang dibenahi adalah memastikan kelancaran arus barang bagian kontribusi pada tahap pre-clearance dan post clearance.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menerangkan, cara yang dilakukan untuk melancarkan arus barang yakni mempercepat kegiatan bongkar muat kapal-dermaga, perawatan/peremajaan alat B/M, penerapan terminal operations system (TOS) dan simulator training.

"Ada banyak hal corporate action tahun 2016 dari 3 hari jadi 2,5 hari pada Januari tahun 2017. Januari sudah di bawah 3 hari," ujarnya di Bandung, Jumat (7/10/2016).

Dia menambahkan Pelindo juga akan mempercepat pelayanan pengiriman mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok. Termasuk membangun aplikasi e-services (transaksi on-Iine) maupun pengaturan alur dan perpindahan truk, penerapan tarif progresif dan autogate.

Saat ini lanjut dia, Pelindo II sedang dalam proses mengimplementasikan Permenhub No. 116/2016 terkait pemindahan barang yang melewati batas waktu penumpukan (long stay) dan berlaku pada empat pelabuhan utama, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta, Tanjung Perak - Surabaya, Belawan - Medan, dan Pelabuhan Makassar.

"Hanya boleh stay satu hari setelah keluar, kalau lebih dari satu hari kena denda 300%, hari berikutnya 600% dan tiap hari-hari berikutnya 100%. Itu sudah mempercepat (dwelling time)," tambahnya.

Selain itu, menurutnya dari sisi alur dokumen, Pelindo II mendukung proses integrasi inaportnet dengan INSW, dashboard online dwelling time, penataan TPS lini 2, dan koordinasi dengan kantor pelayanan pemerintah dan mitra-mitra kerja dan usaha perusahaan

"Urus dokumen online percepat prosesnya, mempercepat bongkar muat," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5787 seconds (0.1#10.140)