Presiden Jokowi Apresiasi Waibu Agro Edu Tourism Milik PYCH Binaan BIN

Sabtu, 08 Juli 2023 - 21:35 WIB
loading...
Presiden Jokowi Apresiasi Waibu Agro Edu Tourism Milik PYCH Binaan BIN
Presiden Jokowi mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism milik PYCH binaan BIN di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengapresiasi Waibu Agro Edu Tourism milik Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Waibu Agro Edu Tourism merupakan pusat edukasi wisata yang berfokus pada pertanian, peternakan, dan perikanan. Nama Waibu dari Waibu Agro Edu Tourism merupakan kepanjangan dari wajah baru Indonesia (Waibu), selain dari nama distrik di Jayapura tersebut.

Jokowi mengatakan kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan sektor pertanian, peternakan, dan perikanan serta memberikan dukungan kepada anak muda PYCH yang menjadi garda terdepan dalam upayanya ikut dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Papua.

"Kreativitas anak-anak muda di Papua, di tampung, diedukasi di sini. Diberikan pembelajaran, baik mengenai packaging, baik mengenai hidroponik, baik mengenai pemeliharaan ayam, peternakan ayam, baik juga mengenai perikanan, kemudian pembuat makanan ternak, makanan ikan, semuanya diadakan training, pelatihan disini," tutur Jokowi usai meninjau Waibu Agro Edu Tourism, Jumat (7/7/2023).



Jokowi mengingatkan pentingnya memulai dari pasar. Dia mengatakan permintaan dari pasar harus menjadi acuan dalam memulai produksi. Misalnya, jika permintaan adalah telur, maka produksi ayam telur harus dilakukan. Jika permintaan adalah daging ayam, berarti perlu mengembangkan ayam pedaging. Memulai dari pasar adalah hal yang penting. Semua harus dimulai dari permintaan pasar.

Dia berharap dengan adanya Waibu Agro Edu Tourism yang dikeola oleh PYCH, anak-anak muda di Papua akan dapat menguasai pasar di masa depan. Menurut Jokowi, produk unggulan yang dikemas dengan baik juga akan menjadi oleh-oleh yang baik bagi siapa pun yang datang ke tanah Papua.

"Ya mestinya pasar yang ada di Papua bisa dikuasai oleh anak-anak muda kedepan. kemudian produk-produk unggulan dipackaging, dikemas dengan baik juga akan menjadi oleh-oleh yang baik bagi siapapun yang datang ke tanah Papua," ucapnya.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya tidak sendirian, beliau ditemani oleh beberapa pejabat tinggi negara, antara lain Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia dan sejumlah pejabat lainnya.

Waibu Agro Edu Tourism menawarkan sejumlah fasilitas modern, termasuk indoor farming, hidroponik, garden bed, perkebunan, ladang jagung, rumah produksi benih jagung unggul, peternakan ayam pedaging, kolam apung, dan bioflok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)