alexa snippet

BNI Siapkan 1.241 Agen 46 untuk Salurkan Bansos

BNI Siapkan 1.241 Agen 46 untuk Salurkan Bansos
Bank BNI siapkan 1.241 Agen 46 di Jawa Tengah untuk menyalurkan bantuan sosial. Foto/SINDOnews
A+ A-
SEMARANG - Bank BNI wilayah Semarang menyiapkan 1.241 Agen 46 di seluruh wilayah Jawa Tengah, untuk memberikan pelayanan pencairan dana bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Pengganti sementara CEO BNI Wilayah Semarang, Moch Harsono mengatakan, Bank BNI menjadi bank yang ditunjuk untuk menyalurkan bansor kepada masyarakat. Untuk wilayah Semarang sendiri bansos yang disalurkan melalui BNI mencapai sekitar Rp50 miliar. ”Dana tersebut akan disalurkan kepada 148 ribu masyarakat melalui 9 cabang di wilayah Semarang,” katanya, Selasa (18/10/2016).

Dijelaskannya, untuk mempermudah penyaluran bansos kepada masyarakat, Bank BNI membuka agen 46, yang selain sebagai agen penyalur bansos juga sebagai agen tanpa kantor BNI.  Saat ini sudah disiapkan 1.241 Agen 46 yang melibatkan masyarakat. “Saat ini total agen kita di wilayah Semarang sudah mencapai 2.578 agen,” terangnya.

Dia mengatakan, tugas Agen 46, selain melayani pencairan bansos, agen juga bisa untuk melakukan transaksi mini bank, seperti transfer, penarikan, maupun setoran serta pembukaan rekening baru.

Masyarakat menjadi agen 46 diprioritaskan, pada mereka yang memiliki usaha khususnya toko kelontong. Selain supaya pemantuannya lebih mudah juga untuk membantu peningkatan usaha.

Meski agen 46 cukup banyak, namun diakuinya tidak akan mampu menjakau seluruh wilayah. Oleh karena itu BNI melakukan penggabungan beberapa wilayah. Hal itu dilakukan mengingat ada beberapa desa di Jawa Tengah penerima bansosnya sedikit sehingga akan digabung di desa lain. “Saat ini penerima bansos paling Banyak adalah Tegal, Brebes, Semarang dan Blora” imbuhnya.

Disisi lain, sebagai sarana untuk mempermudah pencairan dana bansos BNI juga membuka warung Elektronik. Saat ini warung elektroni atau yang dikenal e-warong baru ada di Kota Semarang. Ditargetkan, sampai akhir tahun ada 61 e-Warong di Kota Semarang.

Melalui e-warong, penerima bansos bisa berbelanja kebutuhan pokok, seperti beras, gula sampai minyak goreng. E-warong ini bekerja sama dengan Bulog sebagai pemasok bahan. “Untuk e-warong kewenangan ada di Kementerian,” imbuhnya.

Heri Munawir Pemimpin Cabang Karangayu menambahkan, untuk Agen 46 sudah dipastikan kondisi jaringannya setiap agen memadai untuk melakukan transaksi. Untuk memastikannya BNI telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan. “Kami sudah memastikan jaringan seluler di lokasi agen mumpuni untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mesin EDC.



(ven)
dibaca 4.823x
loading gif
Top