alexa snippet

25 Pusat Logistik Berikat Baru Siap Dibangun

25 Pusat Logistik Berikat Baru Siap Dibangun
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menerangkan pemerintah siap menambah Pusat Logistik Berikat (PLB) baru di berbagai daerah di Tanah Air. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, pemerintah berencana kembali membangun Pusat Logistik Berikat (PLB) di berbagai daerah di Tanah Air. Setidaknya, ada 25 PLB baru lagi yang akan dibangun dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menuturkan, untuk mencukupi kebutuhan industri logistik, pemerintah akan menambah jumlah PLB pada berbagai daerah. Penambahan jumlah PLB ini akan dilakukan secara bertahap.

"Hingga saat ini, Indonesia telah membangun 14 PLB yang melayani berbagai sektor seperti minyak dan gas, pertambangan, Maintenance, Repair and Overhaul (MRO), otomotif, dan farmasi. Sekitar 25 PLB akan segera dibangun dalam waktu dekat ini. Berkolaborasi bersama asosiasi dan pemain utama di industri ini," katanya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Data dari Frost & Sullivan mengungkapkan bahwa industri logistik Indonesia diperkirakan akan berkembang 15,4% pada 2020. Hal yang mendorong pertumbuhannya adalah dari sektor konekvitas perdagangan maritim yang semakin membaik. Sebab, Indonesia memiliki lokasi geografi yang strategis untuk perdagangan dunia, serta meningkatnya perdagangan berbasis e-commerce.

Selain itu, Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) juga membuka peluang untuk penyedia layanan logistik atau Logistic Service Providers (LSP) melalui ekpansi bisnis di wilayah ini. Namun, saat ini lndonesia memiliki keterbatasan infrastruktur logistik, yakni produktivitas yang standar di pelabuhan, serta biaya angkut yang tinggi.

Hanya saja terdapat ada beberapa faktor pendukung yakni melalui jejaring logistik MEA seperti fasilitas jaringan yang canggih, investasi infrastruktur, keuntungan bagi kebutuhan pelanggan, penanganan kargo secara berkualitas serta pelatihan untuk profesional logistik.

(Baca Juga: Jadikan RI Hub Logistik Asia Pasifik, Bea Cukai Gelar JLSE)

‎Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Rosan P Roeslani mengutarakan, PLB ini mutlak harus dibangun pada berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, maka pengusaha dalam negeri dapat bersaing baik secara regional maupun secara global.

"Hal ini dapat membangun kepercayaan sehingga akhirnya dapat mendukung dan memperkuat relasi bisnis," tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai hari ini mengadakan acara Jakarta Internasional Logistic Summit dan Expo (JILSE). Acara ini dilakukan untuk mensosialisasikan PLB Indonesia ke dunia internasional.

dibaca 2.813x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top