alexa snippet

Menkeu Bercita-cita Jadikan Indonesia Pusat Logistik di Asia Pasifik

Menkeu Bercita-cita Jadikan Indonesia Pusat Logistik di Asia Pasifik
Kawasan pusat logistik berikat. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Jangan pernah berhenti bercita-cita. Karena cita-cita besar menjadi guidance atau memotivasi untuk menjadi lebih. Selaras dengan itu, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan meluncurkan Pusat Logistik Berikat (PLB) atau yang dikenal dengan gudang raksasa. Gudang raksasa ini terus dimaksimalkan demi mendukung cita-cita Indonesia menjadi pusat logistik di Asia Pasifik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atau kerap dipanggil Ani mengatakan, pengembangan PLB ini jika dilakukan dengan baik akan menjadi motor penggerak ekonomi di sektor logistik secara nasional, bahkan hingga ke kawasan Asia Pasifik.

"Kami terus maksimalkan agar ini bisa berkembang dan kita akan menjadi pusat logistik di Asia Pasifik. Tentunya harus didukung oleh infrastruktur yang memadai juga," kata Ani di JIEXPO, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Untuk pembangunan infrastruktur PLB tersebut, pemerintah telah menyiapkan anggaran dalam APBN yang dialokasikan khusus untuk membangun logistik nasional dan memperbaiki kualitas-kualitas di dalamnya. Sehingga mampu mengurangi beban biaya logistik bagi dunia usaha.

"Selain dapat memberikan fasilitas untuk infrastruktur logistik, juga pemberian PLB untuk menimbun barang-barang dalam rangka pembangunan infrastruktur," sambung dia. (Baca: 25 Pusat Logistik Berikat Baru Siap Dibangun)

Untuk itu, Ani berharap, keberadaan PLB ini, diharapkan mampu menjadikan Indonesia sebagai daya tarik masyarakat dan pengusaha logistik dari luar negeri, untuk mengembangkan hub di kawasan Asia Pasifik.

"Maka ketika biaya logistik bisa kita tekan dan efisiensi bisa dijalankan, Indonesia bisa mendapatkan keuntungan yang besar sebagai pusat distribusi barang-barang di kawasan Asia Pasifik," tandasnya.



(ven)
dibaca 3.191x
loading gif
Top