Penerimaan Erick Thohir sebagai Cawapres di Generasi Muda Cukup Tinggi

Senin, 10 Juli 2023 - 19:09 WIB
loading...
Penerimaan Erick Thohir sebagai Cawapres di Generasi Muda Cukup Tinggi
Lembaga riset Ipsos menyatakan, penerimaan generasi muda untuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024 sangat tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga riset internasional, Ipsos menyatakan, penerimaan generasi muda untuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sangat tinggi.

Managing Direktur Ipsos Indonesia Soeprapto Tan menyatakan hal ini didorong oleh sosok menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi)tersebut yang datang dari kalangan profesional bukan sebagai kader partai politik (parpol).

Sosok profesional yang bukan kader partai dari Erick Thohir ini kemudian menjadi daya tarik tinggi di tengah generasi muda. Mengingat generasi muda merupakan pemilih rasional yang memilih pemimpin berdasarkan rekam jejak dan keberhasilan yang dimiliki.

"Ketokohan Erick Thohir beda dengan tokoh potensial yang masuk bursa bakal cawapres lainnya yang rata-rata berasal dari parpol, sementara Erick Thohir bukan dari parpol,” terang Soeprapto, Senin (10/7/2023).

Lebih lanjut, Soeprapto tak serta merta mengklaim jika Erick Thohir merupakan cawapres yang paling diterima oleh generasi muda. Namun, ia bersama lembaga risetnya yakni Ipsos mengutarakan hal tersebut mengemuka setelah melakukan analisa di berbagai platform media sosial.

Ipsos diketahui menggunakan mesin analitik media sosial yakni Ipsos Synthesio untuk mengukur sentimen positif atau penerimaan dari nama-nama tokoh nasional yang memiliki peluang tinggi untuk berlaga di Pilpres 2024.

Platform media sosial itu seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok. Tokoh nasional ini salah satu di antaranya adalah Erick Thohir yang sering unggul dalam bursa cawapres.

Ia kemudian mengatakan berdasarkan data temuan yang dimiliki oleh lembaga riset internasional tersebut, Erick Thohir mendapatkan penerimaan paling tinggi dari generasi muda Indonesia untuk menjadi cawapres. Eks Presiden Inter Milan ini terekam mendapatkan sentimen positif sebesar 47,0 persen.

Angka tersebut jauh mengungguli para pesaingnya yang merupakan kader partai, yakni kader Golkar Ridwan Kamil dan kader PPP Sandiaga Uno. Di mana Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno terekam hanya mendapatkan penerimaan sebesar 17 persen dan 6,3 persen.

Dengan ini Erick Thohir menjadi tokoh nasional potensial untuk diusung pada Pilpres 2024. Mengingat jumlah generasi muda di kontestasi demokrasi mendatang melebih angka 50 persen.

"Erick Thohir memperoleh sentimen positif paling tinggi sebanyak 47,0 persen sementara sentimen negatifnya hanya sebesar 3,7 persen. Disusul Ridwan Kamil yang memperoleh 17 persen, dan Sandiaga Uno sebesar 6,3 persen," pungkas Soeprapto.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)